caption trialgame

Aman Lewati Medan Turunan Curam

Tuesday, 23 June 2020

Aman Lewati Medan Turunan Curam


Sudah menjadi takdir yang tidak bisa dihindari jika sedang beroffroad bertemu dengan kondisi medan menanjak atau menurun. Buat para penggila motor trail yang sudah memiliki jam terbang tinggi, hal ini sudah pasti bakal memicu adrenaline. Kasusnya sedikit berbeda pada para pendatang baru yang biasanya malah tidak percaya diri, demam panggung hingga takut.

Kondisi ini biasanya dialami saat berhadapa dengan medan turunan yang terjal dan tinggi. Tidak bisa disalahkan memang, karena salah perhitungan sedikit saja, bisa berakibat fatal lho. Lantas hal apa sih yang bisa dilakukan agar aman saat melewati medan turunan?

Yang pertama tentu saja adalah menjaga keseimbangan. Jika turunan tajam tapipada bagian bawah medan rata, maka ikuti  turunan itu dengan posisi badan tarik kebelakang. Gunakan gigi persneling sesuai kebutuhan dan imbangi dengan rem tipis- tipis.  Kurangi kecepatan gunakan gigi rendah, gunakan rem depan seperlunya, posisi badan geser kebelakan imbangi dengan rem blakang.

Oh iya pada medan seperti ini fungsikan rem depan lebih besar daripada rem belakang. Langkah ini dilakukan untuk menahan daya dorong motor ke arah depan. Saat berhenti di turunan, gunakan pula kaki kanan sebagai penopang.

Faktor utama adalah mengendalikan rasa takut itu sendiri. Untuk mengurangi rasa takut, Anda bisa melakukan scouting area terlebih dahulu. Cek kondisi lintasan menurun, kalkulasikan posisi dimana harus mengerem, dimana harus membuka gas dan apa yang harus dilakukan jika skenario diluar prediksi.

Nah sementara itu, jika turunan tidak terlalu curam. Atur  posisi badan dengan berdiri berdiri tapi agak di tarik ke belakang dan kedua paha menjepit kuat bodi. Gunakan gigi 1 untuk membantu menahan laju motor dengan engine brake. Jangan terlalu menekan tuas rem depan, tapi gunakan rem belakang.  Lalu pandangan mata. Pandangan mata harus menatap ke depan, jangan ke bawah. Hal ini juga penting untuk menjaga keseimbangan motor dan pengendara. Pandangan mata berpengaruh terutama saat melewati turunan

comments

`