caption trialgame

Aman Simpan Motor Trail Saat Mudik

Saturday, 1 June 2019

Bulan Ramadhan sudah mendekati akhir, tandanya sebagian besar orang akan segera mudik. Nah sudah pasti dalam masa-masa mudik lebaran ini, motor trail bukanlah hal utama yang menjadi prioritas. Biasanya par penggila motor trail akan menyimpan motornya rapat-rapat hingga waktu berpetualang tiba.

Tapi menyimpan motor trail dalam waktu yang lama memang beresiko. Salah-salah, saat ingin digunakan motor tersebut malah tidak bisa dinyalakan. Jangan khawatir kami akan berikan beberapa tips cara menyimpan motor trail, agar mudik Anda tenang dan tunggangan kesayangan tetap terawat.

Karat adalah salah satu hal yang ditakutkan, apalagi jika terjadi pada blok mesin. Jika tempat penyimpanan motor trail terhitung lembab sebaiknya Anda waspada akan serangan karat. Lantas apa yang harus dilakukan? Yang pertama adalah melepaskan busi dari mesin dan letakkan di tempat aman. Kemudian tuangkan sesendok makan oli mesin bersih ke dalam silinder dan tutuplah lubang busi dengan sehelai kain. Putar mesin beberapa kali untuk menyebarkan oli dan jangan lupa untuk memasang kem

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum menyimpan lama motor trail Anda, yang pertama adalah mengganti oli mesin. Kemudian keluarkan semua bahan bakar dari tanki lewat keran tanki motor. Semprot bagian dalam tangki dengan aerosol rust-inhibiting oil (oli pencegah karat dari kaleng penyemprot). Pasang kembali tutup tangki bahan bakar.

Lepaskan baterai aki motor. Simpanlah di tempat yang terlindungi dari suhu membeku dan sinar matahari langsung. Cuci dan keringkan motor trail. Berikan lapisan wax ke semua permukaan yang dicat. Berikan lapisan oli pencegah karat pada semua part dari chrome.

Pompah kedua ban dengan tekanan udara yang dianjurkan. Letakkan motor di atas penyangga sehingga kedua ban terangkat dari permukaan dan tidak menyentuh lantai. Terakhir yaitu menutup motor trail dengan penutup motor dan simpan di ruangan yang tidak diberikan pemanasan, bebas dari kelembaban dan dengan variasi suhu harian yang sesedikit mungkin. Ingat hindari kontak langsung dengan sinar matahari ya. Nah jadi tenang kan saat mudik.

comments

`