caption trialgame

Aman Terobos Genangan Hujan

Tuesday, 4 February 2020

Musim hujan di awal tahun 2020 intensitasnya tinggi, untungnya bagi Anda yang mengendarai motor trail dual sport untuk kegiatan sehari-hari, motor ini cukup handal untuk diajak melintasi genangan atau banjir yang kerap terjadi saat hujan deras turun. Biasanya ketinggian air berbeda-beda di setiap wilayah dan setiap waktunya, sehingga sulit untuk diprediksi, maka dari itu perlu cara bijak dan jeli saat berkendara melaluinya.

Tentunya Anda wajib memastikan kondisi motor trail dual sport Anda dalam keadaan primna dan jangan lupa untuk meningkatkan teknik berkendara serta waspada terhadap segala kemungkinan. Saat jalan tergenang, Anda akan kesulitan untuk mengetahui adanya lubang atau tidak karena tertutup air yang mengalir.

Bagi Anda yang gemar menerobos hujan lebat, kami sarankan untuk berhati-hati saat berkendara. . Ketika akan melewati genangan air, pastikan kedalaman genangan hanya setinggi separuh ban. Jika tidak sebaiknya mencari jalur lain, meskipun dengan memutar agak jauh.

Pastikan saat masih turun hujan, masih menggunakan jas hujan, sepatu anti air dan helm tetap digunakan. Selanjutnya menjaga putaran mesin (rpm) dalam kondisi langsam, di mana tangan kanan menggenggam selongsong gas sedangkan tangan kiri berada pada handel rem belakang. Tarik dan lepas rem belakang untuk mengimbangi dan menjaga putaran mesin dan menjaga kecepatan.

Posisi lengan tangan dalam kondisi siaga menerima segala guncangan, baik jalan berlubang, gundukan polisi tidur maupun ombak yang dihasilkan oleh kendaraan besar seperti mobil atau truk. Sedikit meniru teknik gaya pembalap grasstrack atau motocross juga tidak ada salahnya digunakan, kemudian kaki juga siap turun ke dalam air jika keseimbangan kurang merata. Berada dibelakang mobil pribadi, harus jeli dengan segala kemungkinan. Seperti mobil yang tiba – tiba mengerem atau menginjak polisi tidur yang membuat putaran gas harus diturunkan, otomatis kecepatan juga akan berubah.

Nah menerobos genangan hujan memang sah-sah saja, tapi tetap saja ada ilmunya dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Salah-salah bisa terjatuh atau motor Anda akan mogok.

comments

`