caption trialgame

Ampuh Atasi Karat di Knalpot!

Thursday, 20 January 2022

Ampuh Atasi Karat di  Knalpot!

 
Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah karat pada motor. Karat memang bukan masalah serius tapi sangat sering terjadi pada beberapa bagian motor, salah satunya knalpot. Karat yang ada di body motor memang sangat mengganggu penampilan motor sehingga tidak terlihat kinclong dan tidak terawat. Tapi jika dibiarkan saja, karat juga bisa merusak besi motor, lho. Maka dari itu Anda  perlu mengetahui langkah membersihkan karat pada motor. Nah kami akan berikan penjelasan apa saja sih yang bisa membersihkan karat.

Yang pertama adalah menggunakan bensin beroktan tinggi, misalnya pertamax plus. Caranya yaitu campurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Lalu, oleskan campuran ini pada bagian motor yang memiliki karat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi atau sikat kawat. Dijamin deh, karat akan langsung bersih!

Anda juga bisa menggunakan oli bekas lho untuk menghilangkan karat. Caranya juga gampang banget, Anda  hanya perlu mengoleskan oli tersebut secara merata di bagian motor yang berkarat seperti leher knalpot. Setelah diolesi secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas kurang lebih sekitar 1 atau 2 menit. Dengan bantuan panas, oli akan membantu meluruhkan karat pada motor. Bagian dalam seperti lubang knalpot juga bisa Anda  bersihkan dengan oli bekas. Jika terdapat asap yang keluar dari mulut knalpot, Anda gak perlu panik ya, karena itu tandanya proses pembersihan sudah berhasil.

Pasta gigi yang Anda  pakai juga bisa digunakan untuk membersihkan karat, lho! Caranya yaitu oleskan pasta gigi di bagian motor yang berkarat, tunggulah beberapa menit dan gosok dengan kain lap. Cara ini memang memang tidak instan, jadi Anda perlu mencobanya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.

Ada yang mengatakan bahwa cairan pembersih keramik juga ampuh untuk membersihkan karat. Hal ini memang benar adanya, namun saran kami hindari saja karena, cairan pembersih keramik bisa berdampak buruk jika mengenai area mesin motor Anda. Jika tidak mendesak, hindari ya cairain ini.

Untuk mencegah terjadinya karat Anda bisa mengunakan gemuk atau stempet. Gemuk merupakan cairan yang teksturnya sangat kental bahkan seperti gel yang licin. arena Sifatnya yang lengket menjadikan gemuk bisa bertahan lebih lama pada bagian yang dilumasi (jika dibandingkan dengan oli). Untuk bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, gemuk ini sering digunakan untuk mencegah karat di bagian tersebut.

 

comments

`