caption trialgame

Arti Asap Hitam dan Putih pada Motor Trail

Wednesday, 29 July 2020

Arti Asap Hitam dan Putih pada Motor Trail


Jika masih menggunakan bahan bakar, sudah pasti motor trail Anda akan mengeluarkan asap. Saat silinder mesin mengalami masalah,adanya kebocoran pada gasket atau masalah internal mesin lainnya yang menyebabkan terjadinya pembakaran tidak sempurna pada mesin motor trail Anda, biasanya bisa terdeteksi melalui asap yang keluar dari knalpot kendaraan.

Ada beragam jenis asap yang biasanya keluar dari knalpot motor trail Anda. Ada yang putih susu, putih tipis, hitam tipis dan hitam pekat. Nah kita akan coba bedakan apa sih yang menyebabkan motor memiliki asap buang beda warna itu?

Jika motor  trail anda mengeluarkan asap hitam hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna. Untuk mengatasi hal ini cukup lakukan pengaturan ulang antara bahan bakar dan udara pada karburator motor atau sistem injeksinya.

Filter udara yang kotor juga  dapat menjadi biang kerok  penyumbatan sehingga proses penyaringan udara bersih tidak sempurna. Jika hal ini terjadi maka pasokan udara ke ruang pembakaran akan berkurang dan sistem pembakaran tidak bekerja dengan baik. Solusinya adalah mengganti filter udara dengan yang baru.

Kondisi busi yang tidak prima juga bisa menyebabkan asap hitam keluar dari knalpot motor trail Anda. untuk itu gunakan busi yang masih memiliki kinerja bagus. Jika sudah memiliki jam terbang yang lama, segera ganti busi motor Anda.

Dan yang terakhir adalah ruang bakar banyak tertimbun kerak karbon. Ketika pembakaran pada motor tidak sempurna maka akan ada kerak karbon yang tersisa. Kerak karbon pada ruang bakar ini mengakibatkan timbulnya asap hitam. Solusinya adalah turun mesin tentu saja.

Lantas bagaimana dengan asap putih? Biasanya asap putih yang keluar dari knalpot motor trail Anda diakibatkan oleh adanya oli mesin yang ikut terbakar pada ruang pembakaran mesin.  Dan aktor dibalik terjadinya hal ini terkadang disebabkan oleh  kondisi ring piston yang sudah tidak prima alias aus akan menyebabkan cengkraman pada ring oli berkurang. Hal ini menyebabkan oli yang menempel pada dinding silinder tidak tersapu dengan bersih dan mengakibatkan oli mesin merembes ke ruang pembakaran di mesin.

Kondisi Klep mesin yang  sudah keras dan sobek juga bisa mengakibatkan timbulnya asap putih lho. Hal ini akan akan membuat batang klep menjadi longgar sehingga oli mesin bisa masuk ruang pembakaran dan menimbulkan asap pekat dari knalpot. Nah kendati jarang terjadi tapi tidak ada salahnya juga untuk mengecek paking mesin motor trail Anda, barangkali ada kebocoran pada area tersebut.

 

comments

`