Arti Pola Kembangan Pada Ban Motor Trail
Pengguna motor trail dual sport kadang menghadapi situasi dimana motor trail mereka tidak bisa maksimal saat melahap medan offroad, apalagi jika lintasan tersebut memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Nah salah satu alasan yang menjadikan motor trail tersebut tidak bisa perform adalah ban dual sport yang tidak mendukung. Ban dual sport kurang bisa memberikan perfoma maksimal di lintasan offroad karena memang peruntukannya bukan khusus untuk melahap medan offroad.
Untuk meningkatkan performa motor trail, mengganti ban motor trail dengan ban offroad menjadi hal wajib, tapi gimana sih milih offroad yang tepat? Saat memilih ban offroad untuk motor trail, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti kekuatan ban, pola tapak, indeks beban serta kecepatan, keadaan medan dan masih banyak faktor lainnya. Nah kami bakal mengulas nih mengenai corak kembangan pada ban motor trail offroad. Simak ulasannya yuk
Kembangan ban motor trail biasanya dibuat lebih menonjol dibanding ban pada umumnya. Karena tonjolannya mengotak kecil menyerupai tahu potongan tahu, membuat ban motor trail ini sering disebut ban tahu.
Ban offroad dirancang khusus untuk dapat memberikan traksi yang baik saat motor melintasi jalanan bebatuan, tanah yang basah, hingga tanah yang berlumpur sekalipun. Ban motor trail bisa berotasi pada kondisi medan jalan tersebut karena corak ban offroad tadi mampu mencengkeram permukaan jalan dengan baik. Tidak semua ban motor trail memiliki bentuk kembangan yang sama. Secara sekilas mungkin terlihat sama tapi biasanya memiliki bentuk dan tonjoloan yang tidak serupa.
Apabila jeli, ada beberapa corak ban yang membentuk pola tertentu, yang biasanya ideal digunakan pada kondisi lintasan tertentu juga. Biasanya ban motor trail yang memiliki alur yang tidak tersebar, ditujukan untuk penggunaan harian di pedalaman yang menjadikan aktivitas off road sebagai keseharian, seperti berladang ataupun kondisi jalan yang belum memadai.
Sementara yang memiliki pola tonjolan yang menyebar, biasanya lebih berguna untuk medan ekstrim karena mampu memberikan daya traksi yang lebih. Ada juga beberapa ban yang memiliki kembangan yang melebar hingga mendekati sisi dinding ban, dan jenis ini amat ideal untuk digunakan pada beragam ajang lomba motocross. Nah mana nih yang sesuai dengan kebutuhan Anda?