caption trialgame

Awas Komponen Motor Trail ini Di Cuaca Panas

Tuesday, 28 May 2019

Cuaca akhir-akhir ini cenderung panas menyengat. Selain mempengaruhi pengendaranya, cuaca panas ternyata berdampak signifikan lho pada beberapa bagian motor trail Anda. Nah apalagi jika Anda berencana membawa motor trail Anda dalam perjalan mudik, cuaca panas harus menjadi perhatian. Ternyata ada lima komponen yang harus Anda perhatikan saat cuaca panas, apa saja sih itu? Simak ulasannya ya.

Yang pertama tentu saja adalah tekanan udara pada ban. Suhu panas dapat menyebabkan tekanan angin dalam ban berubah-ubah sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pengecekan kondisi tekanan ban sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara. Selain itu, sesuaikan tekanan ban dengan standard yang ditentukan oleh pabrikan.

Oh iya kondisi fisik ban itu sendiri juga ternyata ikut terpengaruh lho. Ban motor yang terkena suhu panas yang terus menerus, dapat mempercepat penurunan kualitas ban seperti tekstur ban yang terlihat pecah-pecah atau getas. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan penggantian ban lama dengan yang baru apabila tekstur ban sudah terlihat retakan yang besar untuk mendapatkan kenyaman saat berkendara.

Udara panas yang menyengat juga dapat menyebabkan pelumas pada rantai bisa mengering dengan lebih cepat sehingga kerja rantai tidak halus. Kinerja rantai dapat berkurang, rantai akan cenderung akan mengeluarkan bunyi kasar saat bekerja dan rantai dapat menjadi kaku. Anda dapat mengatasi dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan Chain Lub yang direkomendarikan, serta mengatur tingkat kekenduran rantai sesuai dengan anjuran dari pabrik.

Saat kondisi panas berkepanjangan, Anda juga perlu memeriksa kondisi bearing roda atau yang sering disebut dengan klaher. Selain sering melewati jalanan yang rusak, suhu panas juga dapat mengakibatkan pelumas bearing dan seal mengeras akibat memuainya kedua komponen tersebut. Ciri-cirinya, roda depan tidak berputar secara halus dan terdengar bunyi. Salah satu solusinya adalah mengganti seal pada bearing apabila sudah terlihat getas, serta tambahkan pelumas atau gemuk pada roda-roda bearing motor.

Motor yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama secara terus menerus dapat menyebabkan penurunan kualitas warna bodi motor. untuk menjaga agar tidak terjadi, cucilah motor secara rutin dengan menggunakan sabun khusus kendaraan bermotor terpercaya yang dijual di pasaran. Jangan lupa untuk melapisi body dengan wax sehingga sinar matahari tidak langsung menerpanya ya.

comments

`