caption trialgame

Baca Dulu Sebelum Beli Motor Trail Baru

Tuesday, 30 April 2024

Baca Dulu Sebelum Beli Motor Trail Baru


Walaupun banyak pilihan di Indonesia namun masih banyak masyarakat yang memutuskan untuk menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan untuk menunjang mobilitas sehari-hari. nah salah satu pilihannya adalah motor trail.  Motor trail merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki nilai praktis dan ekonomis untuk digunakan sehari-hari dibandingkan dengan mobil.

Apalagi motor trail tangguh digunakan di segala medan. Belum lagi tampilannya yang gagah, tentu membuat semua orang ingin memiliknya. Naaaaaah buat Anda yang sedang hunting motor trail baru nih, ada tips agar Anda tidak salah pilih dan tidak rugi ketika membeli motor trail nih.

Hal dasar yang perlu dilakukan adalah menetapkan jenis motor trail yang ingin dibeli, apakah enduro, supermoto atau dual sport nih. Hal tersebut tergantung dengan kebutuhan Anda. Selain itu pastikan motor yang ingin Anda beli sesuai dengan budget yang Anda punya, mulai dari uang muka cicilan, biaya pajak, dan servis.

Setelah menentukan jenis  motor trail, pastikan Anda melakukan riset dan membandingkan jenis motor Anda dari berbagai merek. Bandingkan spesifikasi, fitur, hingga harga. Selanjutnya baca ulasan dan testimoni dari pengguna sepeda motor tersebut.Lihat review motor trail yang ingin Anda beli melalui blog otomotif, forum-forum otomotif hingga video di Youtube. Selanjutnya Anda dapat melakukan test ride sepeda motor tersebut sebelum akhirnya membeli.

Pastikan Anda membeli motor trail dari dealer resmi yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik dari segala aspek. Dealer resmi biasanya memberikan jaminan dan menyediakan layanan purna jual yang baik. Selanjutnya Anda perlu memahami cara pembayaran sepeda motor yang ingin Anda beli. Apakah Anda ingin membeli secara cash atau kredit, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan bahwa Anda melakukan pembayaran pada pihak berwenang apakah ke dealer atau leasing.

Selanjutnya, apabila Anda memilih membayar menggunakan sistem kredit pastikan tenor ata jangka waktu kredit motor sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilan. Hindari telat membayar cicilan yang nantinya akan membuat Anda terkena denda. Kemudian periksa semua dokumen yang berkaitan dengan sepeda motor baru Anda, hal tersebut mulai dari surat-surat kendaraan, nomor faktur, BPKB, garansi, dan catatan servis kendaraan. Karena biasanya sepeda motor baru mendapatkan free service untuk beberapa bulan awal.

Selanjutnya, Anda perlu memikirkan biaya lainnya ketika sudah memiliki sepeda motor, biaya ini termasuk pajak kendaraan per tahun, biaya servis, hingga sparepart yang perlu diganti secara berkala seperti kampas rem. Hal terakhir, pastikan Anda secara aktif menanyakan kepada dealer tempat Anda membeli sepeda motor terkait mengenai plat nopol (nomor polisi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Pastikan tidak ada kesalahan penulisan nama pada STNK, dan apabila terdapat kesalahan lakukan komplain dengan segera.

comments

`