caption trialgame

Baca Dulu Sebelum Ganti Knalpot Double Muffler

Thursday, 24 September 2020

Baca Dulu Sebelum Ganti Knalpot Double Muffler


Belum lama ini terlihat beberapa modifikasi motor trail yang menggunakan double muffler atau knalpot ganda. Saking populernya modifikasi ini, beberapa produsen knalpot lokal pun sudah membuat kreasi double muffler mereka sendiri.

Secara tongkrongan memang motor trail yang menggunakan double muffler menjadi terlihat lebih gagah dan sangar, tapi apakah secara performa akan memberikan dampak signifikan atau malah menjadi sebuah kerugian memasang modifikasi ini pada motor trail Anda?

Tidak salah memang menggunakan modifikasi knalpot ganda, namun jika motor trail Anda adalah motor bermesin kecil alangkah baiknya untuk mengurungkan hal ini. Biasanya jika menggunakan double muffler maka akan ada penurunan pada performa mesin. Tarikan dan kecepatan sama sekali tidak bertambah karena kapasitas mesin tidak menyanggupi. Hal ini akan sangat terasa pada motor trail berkapasitas mesin kecil seperti 125 atau 150cc. Pada motor trail ber-cc besar dampaknya mungkin tidak terlalu terasa karena besarnya kapasitas mesin, tapi penuruan perfoma akan tetap terasa.

Lantas apa jadinya jika terus dipaksakan? Memang tidak akan ada keruskan parah sampai motor tidak bisa jalan, tapi yang jelas bagian mesin khususnya dinding serta pistonnya akan menjadi korban nah oleh karena itu, sebelum melakukan modifikasi ini, ada baiknya untuk melihat kebutuhan dan kualitas tunggangan Anda.

Nah kualitas knalpot after market pun tidak semuanya bagus lho. Knalpot bawaan pabrik biasanya sudah memiliki kalkulasi tepat dan sesuai dengan kriteria mesin yang digendong oleh motor tersebut. Tidak sedikit produk after market yang hanya lebih mementingan sisi estetika tanpa mempertimbangkan faktor teknis akibatnya kalkulasi tekanan udara yang melewati header atau knalpot tidak sempurna sehingga Pembakaran tidak sempurna dan terkadang keluar suara meletup. Tentu saja performa mesin bakal drop.

Nah menggunakan knalpot double muffler pada motor trail Anda mungkin terlihat keren tapi tidak akan mengangkat performa ya, kecuali jika fitur double muffler sudah disematkan oleh pabrikan bawaan seperti misalnya pada motor trail Honda CRF450.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

comments

`