caption trialgame

Baca Dulu Sebelum Ganti Rantai Motor Trail

Wednesday, 4 November 2020

Baca Dulu Sebelum Ganti Rantai Motor Trail


Salah satu komponen motor trail yang paling sering mengalami penggantian selain oli adalah rantai.
Gear roda motor adalah bagian vital dari motor trail Anda.  Bagian yang terdiri dari gir depan dan belakang sertai rantai ini berperan besar mengalirkan tenaga dari mesin ke roda penggerak motor trail Anda. Maka dari itu kami sarankan untuk memberikan perhatian lebih pada bagian ini. Beragam alasan tentu menjadi penyebab penggantian tersebut namun semua sepakat jika rantai yang sudah teras kendor akan mempengaruhi performa motor trail. 

Idealnya jika hal ini terjadi tentu penggantian dilakukan satu set dengan melakukan penggantian pada gir depan dan belakang. namun  pada beberapa kasus, bisa jadi rantainya dulu yang usia pakainya pendek, sementara gir masih cukup tebal, atau pun sebaliknya. Lantas boleh gak sih menggantai rantai tanpa mengganti gir? Atau sebaliknya mengganti gir saja tanpa mengganti rantai ?

Menjawab pertanyaan di atas tentu saja jawabannya adalah boleh-boleh saja, tapi ada resiko yang harus dipahami jika melakukan hal ini. Jadi kalau sudah ganti rantai duluan, seminggu-dua minggu harus ganti gir juga sebenarnya. Apalagi yang beda merek, karena rantai juga harus menyesuaikan dengan gir yang lama.  

Hal yang sama juga berlaku apabila hanya mengganti gir tanpa rantainya. Kondisi rantai yang kotor dan bergesekan dengan ujung gir yang tebal, justru membuat rantai cepat aus dan kaku.  Jika terpaksa hanya mengganti gir, sebelum memasangnya, bersihkan rantai dengan menyikatnya agar kotoran rontok. Setelahnya, semprot dengan cairan khusus rantai supaya lentur dan mengurangi gaya geseknya.

Biar mengurangi risiko, kami sarankan agar  penggantian mekanisme penggerak ini dilakukan bersamaan. Keuntungan dari penggantian .  rantai dan gir bersamaan ini adalah periode mengatur kekencangan rantai sepeda motor yang relatif lebih lama. Beda cerita bila mengganti salah satunya, mau tidak mau harus rutin mengecek kekencangannya beberapa waktu karena usia pakai yang berbeda.

 

comments

`