caption trialgame

Baca Dulu Sebelum Memasang Ban Baru

Sunday, 3 February 2019

Ban adalah komponen penting bagi motor trail. Tanpa ban sudah pasti motor trail tidak akan bisa Anda gunakan, dan ban yang sudah termakan usia, tidak akan membantu Anda mendapatkan performa terbaik dari motor trail. Ban yang sudah tua cenderung tidak memiliki kemampuan untuk mencengkram sehingga bisa dengan cepat membuat anda tersungkur dilintasan.

Kondisi kembang ban yang sudah tumpul atau botak juga menjadi pertanda bahwa sudah saatnya membeli ban baru. Kembang yang tumpul memiliki arti bahwa ban tersebut sudah kehilangan gigitan daya cengkram pada permukaan. Kendati biasanya kondisi kembang tumpul hanya pada beberapa bagian ban saja, namun hal ini berpengaruh saat anda melakukan akselerasi, dan jangan kaget jika kemudian Anda kehilangan kendali motor.

Menggunakan ban dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan karakter motor dan jalanan serta lintasa yang sering dilalui tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan tetapi juga berbahaya.

Jika Anda harus mengganti ban, lebih baik menggantinya sekaligus. Jangan mempertimbangkan bahwa ban depan masih terlihat bagus. Sudah pasti ban belakang memiliki kondisi yang tidak bagus karena merupakaan tumpuan dari putaran mesin. Mengganti ban depan dan belakang secara bersamaan akan membuat performa trail terasa lebih baik dibandingkan mengganti satu ban saja. Untuk membuat ban lebih awet, pastikan selalu menggunakan tekanan udara yang sesuai dengan kebutuhan.

Oh iya saat mengganti ban dengan yang baru, ada satu komponen yang juga harus diganti ya. Komponen tersebut adalah pentil ban untuk ban tubeless, dan ban dalam untuk ban non tubeless.Saat mengganti ban luar sebaiknya pentil dan ban dalam juga diganti, karena karet pada pentil dan ban dalam sudah getas dan dapat mengakibatkan kebocoran lho.

Dan yang terakhir jangan lupa untuk memperhatikan kode produksi ban ya. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak salah memilih ban yang sesungguhnya sudah kedaluwarsa. Umumnya, pabrik ban merancang masa kedaluwarsa produknya lima tahun. Untuk mengetahui kapan ban itu diproduksi cukup gampang. Biasanya, produsen mencantumkan kode produksi pada salah satu sisi ban dan biasanya tercetak kode empat angka. Contoh kode itu, misalnya, 1207. Artinya, ban tersebut diproduksi pada minggu ke-12 tahun 2007. Nah, Anda bisa menghitung berapa usia ban itu saat Anda akan membelinya, sejak diproduksi.

comments

`