TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Baca Dulu Sebelum Trabasan di Bromo

Tips & Tricks 22.08.2023

Baca Dulu Sebelum Trabasan di Bromo


Berkendara di medan pasir tentunya berbeda dengan jalan aspal sehingga perlu pemahaman lebih dalam. Nah salah satu tempat paling asik buat adventure di medan pasir adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Aneka medan jalan di sini memang cocok diterabas menggunakan sepeda motor dual purpose (dua alam). Anda bisa menerobos semak belukar, hutan, serta jalur perbukitan yang naik-turun. Bahkan hamparan lautan pasir khas Bromo nan menantang. Licin, gembur dan kerap menyulitkan untuk dilewati dengan mulus.

Nah jika melewati medan berpasir, tentu bakal menguji ketrampilan Anda berkendara, pasalnya, tanpa teknik tepat. Ban motor dipastikan menjadi mudah ambles dan tidak jarang membuat pengendara terjatuh. Oleh sebab itu, penting bagi pemula motor off-road memahami cara berkendara di medan jenis ini ya.

Sebelum memulai kegiatan terabas. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan keadaan motor dalam kondisi prima. Contohnya seperti komponen ban, pastikan kembanganan masih tebal. Jika perlu kurangi tekanan angin supaya meningkatkan cengkraman ke permukaan jalan berpasir. Lantas beberapa piranti penting lain juga perlu diperhatikan ialah kampas kopling, kampas rem dan suspensi. Sebab piranti ini memiliki peran penting dan bekerja lebih keras saat motor sedang menaklukan medan terjal.

Berkendara di medan off-road seperti pasir. Tentunya berbeda dengan jalan aspal sehingga perlu pemahaman soal postur berkendara benar. Saat melintasi medan berpasir dan bergelombang, posisi berkendara yang baik adalah berdiri dari jok dan kedua kaki menjepit motor secara kuat (knee grip). Tujuannya menjaga stabilitas. Kedua tangan pun harus rileks saat memegang setang kemudi agar mudah mengontrol motor.

Ketika berada di jalan berpasir usahakan agar bukaan gas tetap konstan dan stabil guna mencegah ban amblas. Apabila berada dalam kondisi ban yang terjebak di pasir, tambah bukaan gas sehingga ban tidak tertimbun pasir dan dapat berjalan seperti biasa.

Hindari melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking saat melintas di jalanan pasir. Sebab hal ini dapat menyebabkan ban mudah slip dan ambles. Jika ingin mengurangi kecepatan sebaiknya dilakukan dengan menutup gas terlebih dahulu. Nah, bila dirasa masih kurang. Tinggal tambah lagi pengereman ban belakang maupun depan secara halus atau perlahan.

Poin penting lain saat melakukan terabas di jalur berpasir seperti Bromo adalah dengan menjaga jarak dari pengendara lain. Karena jika terlalu dekat, jarak pandang dapat berkurang akibat debu berterbangan di udara. Selain itu, menjaga jarak aman juga bisa meminimalisasi risiko kecelakaan beruntun akibat menabrak kendaraan di depan.

Setiap pengendara wajib menjaga fokus dan ketenangan selama berkendara. Acap kali bila saat terabasan tidak fokus dan mudah panik, dapat menyebabkan kecelakaan lebih fatal. Hal ini juga berlaku bagi pengendara off-road maupun on-road. Yuk tinggal atur waktu nih kapan asyiknya trabasan di Bromo.

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Udah Tau Belum Kalo Sistem..

Sistem kelistrikan sepeda motor berfungsi vital untuk menghidupkan mesin, menerangi lampu (depan, belakang, sein), mengisi aki, dan mengoperasikan peralatan elektronik...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Pede Gak Bongkar Ring Piston..

Piston merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting. Komponen tersebut mampu mengubah panas menjadi tenaga penggerak. Itu karena piston...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Oo Jadi Ini Penyebab Indikator..

Pemilik motor trail dual sport pernah meratiin gak indikator yang ada di motor Anda? Coba cek lampu indikator motor Anda...