caption trialgame

Baca Ini Dulu Sebelum Cuci Motor Trail Ya

Thursday, 26 December 2019

Membersihkan motor trail setelah berpetualang adalah hal wajib yang seharusnya dilakukan oleh para pemiliknya. Apalagi saat ini musim hujan sudah tiba, sehingga sudah pasti bakal banyak kotoran bahkan lumpur yang betah menempel pada motor trail Anda.

Tanpa terkena air hujan saja, motor trail yang habis digunakan trabas harus segera dibersihkan karena jika dibiarkan, bisa-bisa body motor jadi kusam dan muncul karat di beberapa bagian motor. Apalagi jika terkena air hujan yang memiliki tingkat keasaman yang terhitung tinggi.

Jika tidak sempat mencuci dengan detail, sebaiknya bilas saja dengan air bersih yang mengalir. Hal tersebut untuk mencegah air hujan dan kotoran mengering di motor dan timbul bercak noda atau water spot yang sulit dibersihkan. Namun pastikan sebelum menyiram atau mencuci motor trail Anda, mesin motor tidak dalam keadaan panas.

“Sebaiknya diamkan sejenak sekitar lima menitan agar suhunya menurun. Terutama jika motor trail Anda memiliki cc besar, yang lebih panas mesinnya. Tujuannya agar komponen metal di mesin tidak mengalami thermal shock atau terjadi penyusutan material secara mendadak saat terkena air dingin.

Dalam kondisi panas, biasanya mesin juga mengeluarkan uap panas sesaat setelah disiram air.Karena perbedaan temperatur, uap panas tersebut juga membuat timbunan embun pada panel indikator, reflektor lampu dan water spot di body motor.Makanya, sebaiknya biarkan dulu motor yang panas hingga kondisi mesinnya mendingin dan aman dicuci.

Oh iya, bagi Anda yang gemar membawa motor trail Anda ke tukang cuci motor. Ada satu catatan yang mungkin perlu Anda perhatikan. Biasanya di tempat pencucian motor, setelah proses mencuci selesai, petugasnya akan mengoleskan semir ban pada motor sehingga ban tampil kinclong bak keluaran terbaru.

Namun, tahukah kalian kalau ritual seperti itu ternyata bisa berakibat fatal?"Jika terlalu sering dilakukan ternyata semir ban bisa merusak compound lho. Cairan semir ban yang licin juga bisa berakibat fatal, Anda bisa kepeleset karena licin akibat semir saat berbelok.Nah buat Anda yang menggunakan motor trailnya untuk kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, tentu hal ini akan membahayakan. Jadi sebaiknya jangan gunakan semir ban terlalu sering ya.

comments

`