caption trialgame

Bahas Lebih Dalam Kaki-Kaki Motor Trail!

Wednesday, 17 March 2021

Bahas Lebih Dalam Kaki-Kaki Motor Trail!


Motor trail memang memiliki ban ukuran berbeda antara ban depan dan ban belakang. Ban depan menggunakan ukuran lebih besar ketimbang diameter ban belakang sebagai cara untuk menahan guncangan saat melintasi jalanan bergelombang.

Ukuran lingkar ban depan yang lebih besar dapat meredam kejut, sedangkan ban belakang didesain lebih kecil berfungsi membantu kelincahan motor saat berbelok. Sebagai informasi, motor petualang memang memiliki ukuran ban depan-belakang yang berbeda. Honda CRF 150L menggunakan ukuran 21 pada depan dan ukuran 18 pada belakang. Adapun Kawasaki KLX 150 memakai ukuran 19 pada depan dan 16 pada belakang.

Jadi filosofi motor offroad itu ban depan memang lebih besar sebab untuk meredam kejutnya adalah dari ban depan. Sedangkan ban belakang membantu saat belok. Bukan hanya itu, jarak main suspensi depan pada motor trail didesain lebih panjang untuk mengakomodir ukuran roda yang besar. Kombinasi ukuran itu diklaim turut menunjang kestabilan bermanuver saat sepeda motor melibas jalanan offroad yang bergelobang bahkan curam.

Dengan travel shock depan yang lebih panjang dibandingkan motor onroad, tentu membutuhkan diameter roda yang lebih besar. Itu juga supaya melibas (jalan) lebih mudah. Sedangkan motor biasa ukuran depan dan belakang umumnya sama karena sudut kemiringannya saat menikung berbeda dengan motor trail.

Lalu bagaimana cara memilih ban motor trail yang tepat? Untuk bisa memilih ukuran ban yang tepat tepat, ada baiknya Anda tau cara membaca ukuran ban trail itu sendiri. Biasanya ada format seperti ini pada ukuran ban motor trail, misalnya 80/100-12. Angka 12 di belakang itu adalah ukuran ring velg yang memakai satuan inci jika ini tidak sama dengan ban yang di beli bisa bisa roda ban tidak muat di pasang di velg sobat atau malah kelebaran.

Sedangkan angka 80 yang ada di awal itu adalah ukuran lebar sebuah roda ban dengan satuan mili meter, dan angka 100 itu menunjukkan tinggi sebuah roda ban pacul dengan satuan millimeter juga. Jadi ketika di gabung 80/100-12. Artinya roda ban trail atau ban pacul itu memiliki lebar 80 mili meter dengan tinggi ban sebesar 100 millimeter yang muat dipasang di velg dengan ukuran ring 12 inchi. Jadi ketika ukuran tinggi berbeda misalnya 100/110-12 atau lebih kecil missal 90/80 maka akan terjadi perbedaan ketinggian pada motor Anda. Nah jadi jangan salah pilih ya.

 

comments

`