caption trialgame

Bahaya, Ini Dia Resiko Kampas Kopling Aus!

Wednesday, 24 March 2021

Bahaya, Ini Dia Resiko Kampas Kopling Aus!


Layaknya komponen lain pada motor trail Anda, kampas kopling juga memiliki usia pakai dan ketahanan. Biasanya dalam buku pedoman pemilik kendaraan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kopling tiap 12 bulan atau 12.000 km.

Berfungsi sebagai pemutus dan penyalur tenaga mesin dari poros engkol ke transmisi, kondisi kampas kopling yang sudah tidak maksimal atau aus bisa menurunkan kinerja motor. Bukan hanya untuk mempertahankan performa mesin, pemeriksaan juga bertujuan untuk mengetahui apakan kondisi kampas kopling masih baik atau mulai habis, karena gaya berkendara sangat berpengaruh terhadap kondisi dan usia pakainya.

Nah tapi tahukah Anda bahwa ternyata kampas kompling yang mulai menipis atau mulai aus akan menimbulkan beragam gejala. Kami akan jelaskan beragam gejalanya, sehingga Anda bisa mengenalinya jika terjadi pada motor trail Anda. yang pertama adalah melemahnya akselerasi mesin. Kampas kopling yang aus tidak akan menyalurkan tenaga dengan maksimal, sehingga mesin motor terasa tidak responsif di tiap posisi gear. Di kondisi ini, mesin dipaksa berputar lebih tinggi pada kondisi normal untuk menggerakkan motor. Motor juga akan sulit mencapai kecepatan maksimumnya.

Susah memindahkan gigi ke posisi netral juga bisa menjadi salah satu tanda-tandanya. Gejala lain juga bisa dirasakan saat perpindahan gear yang sering selip atau mesin seperti kehilangan tenaga. Hal ini terjadi karena berkurang atau hilangnya daya cengkram kapas pada plat gesek.

Oh iya mesin yang cepat panas juga bisa disebabkan oleh kampas kopling yang mulai menipis lho. Hilangnya daya cengkram pada plat gesek membuat komponen ini lebih sering bergesekan dan menimbulkan panas. Panas juga bisa timbul akibat mesin yang selalu bekerja di RPM tinggi.

Jika Anda merasaka adanya gejala-gejala di atas, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan mekanik kepercayaan Anda. Segera lakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel dan lakukan juga perawatan dan pemeriksaan secara berkala demi menjaga kondisi motor trail agar tetap prima ya.

comments

`