caption trialgame

Bahaya Menambal Dinding Ban Dalam Motor Trail!

Tuesday, 4 January 2022

Bahaya Menambal Dinding Ban Dalam Motor Trail!


Pernahkah Anda mengalami di tengah serunya berpetualang dengan motor trail kesayangan Anda, tiba-tiba motor terasa oleng dan agak sulit dikendalikan. Biasnya hal ini terjadi karena ban motor trail Anda kepences, dan umumnya hal ini karena adanya kebocoran pada bagian dalam ban tersebut.

Lalu apa yang terjadi jika ternyata pada ban dalam motor trail Anda sudah ada tambalan akibat kebocoran sebelumnya ? Kalau ban dalam sudah bocor dua kali, apalagi jika lokasi bocornya di tempat yang sama, kami sarankan lebih baik untuk mengganti ban dalam tersebut dengan yang baru. Memakai ban dalam dengan dua tambalan atau lebih itu lebih punya resiko tinggi untuk bocor lagi.  

Namun apa yang terjadi jika ternyata sebab kebocoran terletak pada bagian dinding ban ?  jika ini terjadi, kendati ban dalam Anda belum pernah ditambal, kami sarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru daripada beresiko jika ditambal. Lho kenapa demikian? Biasanya proses penamblan ban yang bocor pada bagian dindingnya menggunakan lapisan karet khusus yang diberi perekat, seketika dinding ban yang bocor sudah teratasi. Meski pun prosesnya cepat dan praktis, namun tentu keamanan tambal ban ini masih belum jelas.

Menambal dinding ban yang bocor sangat berisiko, karena di dalam dinding ban terdapat lapisan yang menahan bentuk ban. Menambal dinding ban yang bocor berbahaya karena tambalan tersebut sudah tidak didukung struktur lagi. Dalam jangka waktu yang tak lama, tambalan tersebut bisa saja robek kembali karena tidak kuat menahan tekanan udara yang berusaha keluar.

Menambal ban yang bocor itu sebenarnya adalah solusi sementara. Ketika sudah memungkinkan, lebih baik diganti ban dalam yang baru.  Ingat motor trail Anda tidak hanya dipakai jalan raya bukan? Untuk lebih nyaman dan aman dalam menempuh jalur offroad, kami sarankan untuk menggunakan ban dalam yang mulus tanpa tambalan. Daripada beresiko menghambat petualangan Anda, atau malah bisa berujung celaka, maka sebaiknya ganti saja dengan yang baru ya.

 

comments

`