caption trialgame

Bahaya, Ternyata Segini Usia Pakai Ban Trail!

Tuesday, 18 May 2021

Ternyata Segini Usia Pakai Ban Motor Trail


Ban merupakan komponen wajib bagi motor trail Anda. Tanpa adanya komponen ini, sudah pasti motor trali Anda tidak dapat berjalan kemanapun. Nah untuk Anda yang menggunakan motor trail untuk kegiatan sehari-hari , ternyata ban memiliki umur penggunaanya. Sama seperti benda-benda atau komponen kebanyakan yang lain, semakin tua umurnya maka kualitas ban tersebut juga semakin berkurang. Jika sudah begitu apabila komponen ini diabaikan maka keselamatan pengendara menjadi taruhannya. Dan pertanyaannya adalah berapa lamakah waktu ideal penggunaan ban ?

Untuk umur ban sebenarnya ada dua hal yang bisa menjadi patokan yaitu yaitu dilihat dari jaraknya apabila kendaraan sering digunakan atau penggunaan tahunnya apabila kendaraan tidak sering digunakan.  Jika motor trail Anda sering digunakan untuk perjalanan dengan jarak tempuh yang stabil maka penggunaan maksimal ban ini hanya 40.000 km. Namun jika kendaraan tidak terlalu sering atau bisa dikatakan jarang digunakan maka penggunaan maksimalnya adalah tiga tahun.

Usia maksimal tiga tahun tersebut biasanya sudah ditandai dengan komponen yang mulai rusak seperti karet yang mulai retas dan retak-retak. Anda dapat mengecek usia ban sesuai dengan waktu pembuatan ban yang terdapat pada TWI (Tread Wear Indicator) biasanya format waktunya adalah YY/WW atau Tahun/Minggu ke berapa dalam tahun tersebut seperti misalnya 14/44 yang berti pembuatannya pada tahun 2014 minggu ke 44.

Namun jika misal waktu pembuatan ban mempunyai usia yang masih muda tetapi tidak memungkinkan untuk digunakan maka haruslah diganti dengan yang baru.Pada pinggiran ban juga terdapat simbol segitiga kecil yang merupakan indikator TWI juga. Simbol tersebut merupakan batas pemakaian ban, jika ban telah tergerus mencapai tanda ban tersebut juga haruslah diganti.

Ban wajib diberikan perawatan yang optimal. Dengan menjaga tekanan yang pas sesuai dengan petunjuk di ban itu sendiri dan suhu yang tidak terlalu panas maka akan menghasilkan sensasi berkendara yang aman dan nyaman.. Oiya, agar suhu ban tetap terjaga pada kendaraan anda maka istirahatkan kendaraan selama 15-20 menit apabila telah menempuh perjalanan panjang dengan waktu 3-4 jam ya.

 

comments

`