caption trialgame

Ban Rally Dakar Bukan Ban Offroad Biasa

Wednesday, 5 June 2019

Rally dakar merupakan salah satu lomba tersulit yang pernah digelar. Balapan yang awalnya melintasi benua Afrika ini diikuti segala jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, all terrain vehicle, mobil penumpang, hingga truk. Nah untuk pertama kalinya dalam sejarah, pada tahun 2020 mendatang event ini akan diselenggarakan di Saudi Arabia setelah tahun-tahun sebelumnya mengambil lokasi di beragam negara Amerika Latin.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ban yang digunakan oleh para peserta lomba kelas motor trail atau adventure ternyata bukan ban offroad biasa lho. Motor trail atau adventure lintas alam biasanya memakai ban jenis tube type atau ban dalam biasa. Tapi, motor yang berlaga di Rally Dakkar memakai ban dalam jenis Bib Mousse.

Nah biar gak bingung kami akan jelaskan apa sih Bib Mousse ini. Ban yang biasa disebut dengan istilah Mousse ini pertama kali oleh Michelin pada 1984. Mousse adalah ban dalam yang berisi busa karet butyl yang memiliki rongga-ronga. Fungsi dari rongga tersebut adalah menyimpan angin nitrogen.

Balap ketahanan harus pakai ban Mousse karena daya tahannya terhadap tusukan benda tajam. Itulah mengapa, ban ini meminimalisir resiko kempes saat digunakan dan kuat untuk medan terjal sekalipun. Saat tertusuk, busa didalamnya tetap utuh bentuknya, hanya sedikit kurang angin di bagian yang rusak.

Bayangkan repotnya lomba jenis ini jika pesertanya menggunakan ban dalam tipe tube atau ban tubeless biasa. Pasti akan banyak peserta yang gagal menyelesaikan lomba karena faktor kerusakan pada ban.

Bib mousse awalnya diciptakan Michelin khusus untuk balapan Rally Dakkar. Bentuknya mirip ban dalam biasa, tapi berisi sejenis busa yang terbuat dari bahan karet butyl. Ban off road ini ada yang berisi angin, ada juga yang berupa ban mati (full busa).Untuk ban bib mousse yang full busa ini rancangannya setara dengan ban dalam biasa berisi tekanan udara 13 PSI. Ibaratnya ban ini adalah ban anti bocor dengan masa pakai hingga enam bulan.

Sayangnya, Pemakaian ban bib mousse tidak untuk jalan raya atau jalan aspal. Kecepatan maksimum untuk ban ini hanya 130 km/jam. Alasannya, paparan panas tinggi dari gesekan ke aspal menyebabkan kerusakan yang lebih cepat.

comments

`