TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Beda Knalpot Brong Dengan Racing

Teknis Kendaraan 07.10.2025

Anda mungkin pernah mendengar suara motor yang memekakkan telinga. Suara bising tersebut bisa jadi terjadi akibat si pemotor menggunakan knalpot brong, Banyak yang mengira knalpot brong sama dengan tipe racing, padahal keduanya punya perbedaan signifikan. Lha emang beda ya ? kirain sama aja. Nah biar gak bingung, kami kasih pencerahan nih mengenai perbedaan keduanya. Simak bareng yuk.

Suara merupakan faktor pembeda yang paling mudah kamu kenali. Knalpot brong identik dengan suara yang berisik dan mengganggu. Biasanya penggunaan jenis brong hanya demi gaya atau menarik perhatian, bukan memaksimalkan performa kendaraan. Sementara knalpot racing suaranya juga nyaring, tapi  knalpot  ini khusus hadir untuk memaksimalkan performa mesin. Biasanya tipe ini ada pada kendaraan yang turun di arena balap atau butuh tenaga besar saat akselerasi.

Dari luar, kedua knalpot ini memang terlihat mirip, yaitu ukurannya besar, mengkilap, dan desain yang mencolok. Tapi jika dilihat dari dalam, keduanya punya perbedaan struktur yang cukup signifikan. Knalpot racing biasanya punya desain presisi dengan pipa silencer ramping dan panjang, serta baffle (peredam) punya desain agar aliran gas buang tetap lancar. Tujuannya untuk memaksimalkan performa tanpa menghilangkan semua peredaman suara. 

Di sisi lain, knalpot brong biasanya tidak mempunyai baffle sama sekali atau hanya menggunakan pipa straight-pipe dari leher ke ujung. Alhasil, suara yang keluar jadi lebih keras sekaligus membuat gas buang keluar terlalu bebas.

Knalpot racing hadir untuk memaksimalkan performa mesin, khususnya pada untuk motor sport atau yang sudah mengalami modifikasi ringan hingga sedang. Berkat aliran gas buang yang lancar dan tekanan balik yang terkontrol, tenaga mesin bisa naik secara signifikan, terutama pada putaran menengah hingga tinggi. Alhasil, repson gas lebih spontan dan akselerasi lebih cepat.

Sebaliknya, pemakaian knalpot brong justru berisiko mengurangi performa mesin karena memang tidak dirancang secara teknis untuk meningkatkan performa mesin. Gas buang yang tidak teratur pun berisiko menciptakan tekanan balik yang merusak ritme pembakaran.

Knalpot racing pada umumnya berasal dari bahan pilihan seperti stainless steel, titanium, atau karbon ringan dan tahan panas. Material ini dipilih karena ringan, tahan karat, dan mampu meredam panas dengan baik. Wajar jika harganya lebih mahal, karena memang sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Sementara itu, knalpot brong kebanyakan dibuat dari besi biasa atau bahan logam daur ulang yang tipis. Finishing-nya juga cenderung kasar, bahkan beberapa dibuat secara handmade di bengkel tanpa standar produksi yang jelas. Inilah yang membuat harganya jauh lebih rendah tapi berisiko tinggi.

Knalpot brong termasuk knalpot yang dilarang digunakan di jalan raya. Larangan ini muncul karena suara kerasnya melanggar batas kebisingan yang diatur dalam regulasi lalu lintas. Jika ketahuan, Anda bisa terkena tilang atau penyitaan motor. Sementara knalpot racing, selama sesuai spesifikasi teknis dan tidak melampaui ambang batas suara, bisa saja kamu pakai, apalagi jika penggunaannya di area legal seperti sirkuit. nah semoga sudah paham perbedaan dari dua knalpot ini ya. 

Image credit : dirtbikemagazine.com

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Tips Pepanjang Usia Aki Motor..

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Pahami Dulu Nih Sebelum Mutusin..

Okeee sudah tahu belum bonus akhir tahun untuk belanja apa ? Penggemar motor trail pasti udah punya rencana nih buat...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Bedah Fitur ABS Pada Motor..

Belum lama ini, pabrikan motor asal Jepang, Suzuki, meluncurkan produk motor trail terbaru mereka yaitu Suzuki DR150 FI ABS 2026....