caption trialgame

Bedah Mesin Minimoto

Saturday, 30 March 2019

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mini moto. Motor yang memiliki poris kecil ini banyak digemari mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Mesin motor mini ini berbeda dengan mesin pada umumnya karena didesain minimalis dan mudah dalam perawatan serta pengoperasiannya.

Kendati memiliki beragam tipe, namun biasanya yang paling populer digunakan adalah mini moto yang memiliki mesin 49cc. Tidak sedikit juga tapi yang masih minim pengetahuan mengenai mesin mini moto, nah, berikut hal-hal yang perlu Ana ketahui seputar mesin mini motor 49cc.

Yang pertama adalah cara menyalakannya. Cara mini moto biasanya dilakukan dengan cara ditarik menggunakan tangan ( pullstart ). Penarik mesin atau pullstart biasanya ada dua jenis bahan yang digunakan yaitu plastik dan besi babet.

Mesin mini moto tidak menggunakan oli mesin lho. Untuk pelumasan hanya mengandalkan oli samping yang langsung dicampur dengan bensin saat pengisian bahan bakar. Usahakan pencampuran oli samping di luar tangki. Biasanya dari pabrikan sudah disediakan tempat untuk mencampur antara oli samping dan bensin. Takaran standard adalah 20 : 1 ( besin : oli ).

Dari segi pengaplikasian mesin pada mini motoi setiap jenisnya motor memiliki ukuran gear depan yang berbeda. Tapi untuk jenis mini moto trail biasanya ukuran gear lebih besar serta terdapat gear box tambahan.

Disamping itu ukuran busi juga berbeda lho dengan motor biasanya. Busi mesin mini moto menggunakan ukuran yang lebih kecil dari pada motor pada umumnya. Jadi pastikan membeli ukuran yang pas atau belilah langsung di tempat yang jual sparepart khusus mini moto.

Untuk jenis kopling mini moto yang biasa diaplikasikan ada 2 macam. Pertama, kopling dengan kampas warna merah dan memiliki per 3 atau 3 spring. Jenis yang kedua adalah kopling dengan per berjumlah 2 / 2 spring dengan kampas warna hitam.Kampas yang digunakan adalah kampas kering. Biasanya harga kampas hitam dengan 2 per lebih mahal dibanding kampas 3 per. Nah kendati mungil, ternyata mesin mini moto tidak sesimpel kelihatannya bukan?

comments

`