caption trialgame

Bedah Suspensi Diablo 200x

Tuesday, 18 June 2019

Tentu masih segar di ingatan Anda, bahwa kami pernah menulis mengenai brand motor trail lokal asal Semarang yaitu Diablo, yang segera merilis motor trail terbaru mereka. Yup, Diablo 200x versi terbaru 2019, secara umum memiliki desain yang sama persis dengan Diablo 200x versi 2018, mesin identik tetap menggunakan mesin Moto-X, dan rangka pun nggak berubah.

Lantas kalau tidak ada perubahan apa yang membedakannya dengan versi pendahulunya? Ternyata perubahan mendasar generasi anyar dan lawas terletak di bagian suspensi. Kalau Diablo 200x versi 2018 pakai suspensi buatan Mojo Racing, maka versi 2019 pakai suspensi yang konon kabarnya lebih advance dan memiliki kualitas lebih baik, yaitu Fastace.

Versi 2019 juga pakai tromol yang diklaim lebih kuat, velg lebih kuat dari bahan aluminium, diameter jari-jari lebih besar, pakai ban Kenda, kelistrikan lebih baik, jok lebih empuk, dan gear pakai ukuran 520, bukan 428 lagi. Nah dengan segala perbedaan tadi, ternyata berdampak dengan adanya kenaikan harga jual pada unit ini dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Tapi melihat adanya upgrade besar-besaran di bagian suspensi, maka rasanya kenaikan harga bisa sedikit ditolerir. Mengapa demikian? Karena suspensi menjadi bagian yang amat sangat penting di motor trail. Kalau suspensi berkualitas dan di-setting dengan baik, maka bisa menghasilkan riding quality yang bagus pula. Riding menjadi nyaman, enak, dan nggak gampang capek.

Bukan rahasia umum lagi jika hampir sebagian besar nilai minus dari dari motor trail brand lokal adalah suspensinya yang tidak nyaman sehingga saat mengendarai sudah pasti akan menguras tenaga dan stamina.

Oh iya ternyata Diablo 200x 2019 ini memiliki banyak kesamaan part atau suku cadang dengan motor-motor lain yang dipasarkan di Indonesia, terutama dari brand Honda. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai jaringan penjualan, servis, dan suku cadang Diablo yang sangat minim di Indonesia. Kalau motor mengalami kerusakan tinggal dibawa ke bengkel langganan terdekat, sedangkan suku cadang bisa pakai motor-motor Honda. Cukup praktis juga ya ternyata.

comments

`