caption trialgame

Bedah Tuntas Karburator Venturi!

Wednesday, 21 December 2022

Bedah Tuntas Karburator Venturi!


Karburator memegang peranan penting dalam mesin motor. Saat ini, karburator kiprahnya tidak setenar dulu karena lahirnya teknologi injeksi. Karburator sendiri memiliki dua fungsi yang berbeda, yakni untuk mengatur RPM dan mencampur udara dan bahan bakar sesuai dengan perbandingan.

Karburator memiliki komponen berupa katup gas yang tersambung ke setang. Komponen tersebut dapat kita tarik ulur agar RPM mesin bisa berubah. Selain itu, karbu juga harus mampu menyuplai bensin dengan perbandingan yang ideal pada segala RPM. Secara keseluruhan, konstruksi karburator motor lebih simpel dibandingkan karburator mobil. Hal itu dikarenakan pada motor, tidak menuntut performa mesin yang lebih dibandingkan sebuah mobil.

Jenis karburator motor sendiri dibagi dua, berdasarkan bentuk venturi dan katup gas. Nah melalui artikel ini kami akan bahas lebih jauh mengenai karburator yang berdasarkan bentuk venturinya. Venturi adalah pintu keluar masuknya udara karburator. Venturi memiliki dua fungsi, pertama sebagai lubang untuk keluar masuk udara, kedua untuk meningkatkan kevakuman udara.

Ternyata karburator jenis ini pun mememiliki tiga sub kategori lho. Yang pertama adalah Karburator Venturi Berubah-ubah atau yang memiliki nama lain slide carburator atau variable venturi. Karburator ini memiliki venturi yang berubah-ubah dengan begitu throttle valve yang ada pada venturi dapat dioperasikan kawat gas.

Cara membedakan jenis karburator ini dengan yang lainnya adalah dilihat dari diameter venturi. Diameter karburator ini akan disesuaikan dengan besar kecilnya aliran bahan bakar udara dalam karburator.

Yang kedua adalah Karburator Venturi Tetap. Karburator venturi memiliki diameter yang tidak dapat diubah-ubah. Karburator ini sering disebut dengan fixed venturi. Karburator ini biasanya memiliki pilot jet untuk kecepatan stasioner.  Fungsi dari kecepatan stasioner ini adalah untuk memenuhi proses pencampuran udara pada bahan bakar untuk setiap kecepatan. Pada saat menyalurkan BBM, karburator jenis ini hanya akan mengalirkan BBM melalui jet yang sudah dikontrol oleh jarum. Jarum tersebut dibuat berbentuk terancang tirus sehingga bisa mengurangi jet atau spuyer.

Dan yang terakhir adalah Karburator kecepatan konstan. Jenis ini  merupakan gabungan dari karburator venturi berubah-ubah dan karburator venturi tetap. di atas. Karburator ini memiliki istilah lain yakni karburator vakum. Pada karburator ini, katup pada venturi bekerja untuk mengubah diameter venturi memanfaatkan pergerakan dari piston.

Nah untuk karburator yang berdasarkan bentuk katup gas sendiri, terbagi menjadi 5 kategori. Apa saja dan bagaimana cara kerja? Kami akan bahas pada artikel selanjutnya ya.

comments

`