caption trialgame

Bedanya Takaran Oli Samping pada Motor Trail 2-tak Terbaru?

Monday, 29 April 2019

Meski sudah jarang diproduksi, motor trail 2-tak masih banyak peminatnya lho jadi banyak peminatnya. Nah, bagi Anda yang baru membeli motor trail 2-tak harus membiasakan diri dengan yang namanya oli samping. Berbeda dengan mesin 4-tak, motor trail 2-tak perlu oli samping untuk melumasi dinding ruang bakar saat pembakaran. Ini yang bikin motor 2-tak ngebul dan punya aroma yang khas. Memang sih enggak semua motor 2-tak itu ngebul karena ada juga oli samping yang bersifat low smoke.

Nah, bagi Anda yang baru memiliki motor trail 2-tak biasanya agak sedikit bingung dengan takaran oli samping. Perlu takaran tertentu alias tidak boleh asal  tuang saja tuh oli samping ke dalam  tangki bensin! Lantas apa efeknya nih kalau asal campur oli samping enggak pakai takaran? Jika oli samping kurang, membuat mesin ruang bakar kering. Pelumasan dinding piston dan pen stang seher kurang, sehingga membuat mesin panas. Sementara jika oli terlalu banyak, akselerasi motor akan tersendat,  berasap pekat, busi cepat kotor, kerak ruang bakar numpuk.

Nah bagaimana cara tahu rasio standar campuran di motornya? setiap motor berbeda karena rumus rasio tersebut ditentukan oleh pabrikan sesuai spesifikasinya. Tapi kalau melihat rumus mixing manual, ada beberapa versi kalau dari botol takar. Bisa campuran kering yaitu 50:1 alias 50cc bahan bakar dicampur 1cc oli samping, dan ada campuran basah yaitu 25:1 yaitu 25cc bahan bakar dicampur 1cc oli samping. 

Namun pada motor trail 2-tak keluaran terbaru, takaran oli samping sudah diatur secara elektronik lho. Sebagai contoh pada motor trail Husqvarna yang terbaru.  Jadi, oli samping dicampurkan secara otomatis dengan bensin melalui pompa oli samping. Bedanya dengan motor 2-tak lain, setelan pompa oli sampingnya tidak bisa diatur irit atau borosnya. 

Pada setelan standar pabrik Husqvarna, rasio pencampurannya 12 ml oli samping per 1 liter bensin.Namun, dengan kondisi cuaca dan medan di Indonesia, rasio pencampuran segitu masih terlalu irit,sehingga harus diakali dengan menambahkan oli samping langsung ke tangki bahan bakar. Untuk menambahkannya juga tidak perlu terlalu banyak. Cukup tambahkan oli samping 5 ml per 1 liter bensin langsung di tangki bahan bakar.  Dengan begitu, campuran oli samping dan bensinyya jadi sesuai dengan kondisi di Indonesia.  Repot ya main motor 2-tak harus itung-itung takaran oli samping tiap isi bensin? Tapi tenaga yang dihasilkan akan menjawab semua effort Anda.

comments

`