caption trialgame

Begini Cara Ideal Panaskan Mesin Motor Trail

Tuesday, 21 April 2020

 

Lama tidak digunakan bukan berarti motor trail Anda nganggur di garasi ya. Jangan lupa untuk memanaskan mesin motor setiap beberapa hari sekali. Fungsi dari memanaskan motor sendiri adalah untuk menjaga supaya motor tetap dalam kondisi prima. Karena dengan dipanasin, oli dari motor tersebut akan kembali melumasi mesin setelah lama tidak dipakai.

Sayangnya masih banyak cara yang salah saat memanaskan mesin motor trail. Lantas hal apa sih yang tidak boleh dilakukan saat memanaskan mesin motor? Yuk simak ulasannya dibawah ini ya.

Jika motor trail Anda dilengkapi dengan starter electric, kami sarankan untuk tidak menggunakannya saat menyalakan mesin.. Walaupun sebenarnya fitur electric starter ini tujuannya memudahkan Anda menyalakan motor, tapi menggunakannya di awal akan mengurangi usia dari aki motor lho.Aki dari sepeda motor Anda sebenarnya perlahan akan mendapatkan daya dari pemakaian. Nah ketika Anda menggunakan electric starter di pagi hari, aki akan mengeluarkan massanya tanpa diisi lebih dulu.

Menggeber gas saat memanasi mesin motor memang sangat dianjurkan. Karena dengan membuka tuas gas pada pagi hari, proses pelumasan oli pada mesin akan berlangsung lebih cepat. Namun gak kelewat nge-gas juga ya. Karena sering ada orang yang menggas terlalu berlebihan. Jika sering dilakukan maka mesin bisa overheat lho. Idealnya cukup sampai di angka 3000 rpm saja dan intensitasnya pun gak perlu terlalu tinggi, cukup beberapa kali saja dengan durasi yang lumayan.Dengan cara ini, mesin motormu akan terlumasi secara menyeluruh dalam waktu kurang dari 2 menit.

Nah oleh karena itu, jangan terlalu lama ya saat memanaskan motor. Walaupun hanya dalam keadaan stasioner, motor Anda bisa saja overheat jika dipanaskan dengan waktu yang lama.Apalagi jika motor trail Anda masih menggunakan sistem sirip untuk pendinginnya. Berbeda dengan pendingin mesin menggunakan kipas maupun radiator, sistem sirip sangat mengandalkan angin yang masuk melalui siripnya ketika berkendara. Sehingga suhu mesin akan turun seiring perjalanan dilaksanakan.

Oh iya jika motor trail Anda masih menggunakan karburator, penggunaan choke saat menyalakan sepeda motor sangatlah penting. Karena biasanya di pagi hari, sepeda motor seringkali mati ketika dipanasi di pagi hari.Ketika karburator disetel di suhu yang lebih panas daripada pagi hari, tentunya dibutuhkan aliran bahan bakar lebih untuk sepeda motor agar bisa menyala di pagi hari. Atas hal itu, choke biasanya digunakan saat pertama kali menyalakan sepeda motor di pagi hari.Beda lagi dengan mesin yang memiliki teknologi injection. Motor dengan injeksi dapat secara otomatis mengetahui suhu sekitar, dan beradaptasi dengannya.

Dan jangan lupa yang paling penting adalah tidak memanaskan motor trail di dalam rumah ya. karena hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan. Kami sarankan untuk memanaskan motor trail Anda setidaknya dua hari sekali, agar kondisi mesin dan oli tetap terjaga.

comments

`