caption trialgame

Begini Cara Stel Karbu Biar Tenaga Menggebu!

Wednesday, 7 September 2022

Begini Cara Stel Karbu Biar Tenaga Menggebu!


Stelan idle atau langsam pada motor trail tidak bisa dilakukan sembarangan, karena masing-masing mesin tentu memiliki standarisasinya sendiri dan sesuatu yang tidak sesuai standar  biasanya akan menimbulkan efek-efek negatif.

Sebelum membahas lebih jauh,  saat mesin sepeda motor dinyalakan dan handle gas belum diputar, di situlah kondisi mesin “idle” nah di Indonesia dikenal dengan istilah langsam. Kondisi mesin idle atau stasioner tersebut, ternyata tidak dianjurkan untuk disetel hanya dengan menggunakan perasaan, kira-kira atau feeling.  Karena masih banyak pemiliki motor yang kerap mengutak-atik stelan langsam motor trail mereka hanya berdasarkan feeling.

Jika kondisi stasioner terlalu rendah, maka sepeda motor akan kehilangan tenaga, sementara jika terlalu tinggi akan membuat bahan bakar cepat habis atau boros. Untuk motor yang masih menggunakan sistem karburator, penyetelan dilakukan manual dengan bantuan chooke (membantu sepeda motor menyala, ketika suhu dingin).

Sedangkan untuk para pengguna motor trali injeksi, penyetelan dilakukan otomatis oleh termowax. Jadi motor bisa dengan mudah menyala dalam kondisi suhu apapun. Biasanya jika Anda membawa motor trail Anda ke bengkel resmi, maka para mekanik sudah mengetahui  hitung-hitungan idle wajib mengikuti bawaan pabrik dan sesuai dengan yang dianjurkan.

Lantas apa saja yang akan terjadi pada motor trail jika tidak mengkikuti standar dari pabrik, selain yang sudah disebutkan di atas? Yang jelas jika setelan idle terlalu tinggi maka mesin motor akan sangat responsid terhadap putaran gas, ini jelas berbahaya. Gerakan tangan sekecil apa pun, bisa mempengaruhi tarikan motor.  Dampak lainnya adalah kampas kompling  dan kampas rem akan lebih cepat aus.

Sementara jika terlalu kecil mesin kurang responsif dan kurang stabil, akibatnya motor trail menjadi mudah mati. Disamping itu kinerja oli menjadi tidak maksimal sehinggal komponen bagian dalam mesin akan menjadi cepat aus.

Nah untuk menghindari salah setelan langsam pada mesin, kami sarankan untuk mebaca buku panduan motor trail Anda atau mempercayakan pada montir yang memang ahli pada bidangnya. Jangan hanya menghandalkan perasaan atau kira-kira ya.

 

comments

`