caption trialgame

Begini Ternyata Cara Atasi Rem Cakram Macet!

Wednesday, 12 May 2021

Begini Ternyata Cara Atasi Rem Cakram Macet!


Fungsi dari rem sebenarnya sama untuk semua jenis kendaraan, yaitu untuk menghentikan laju kendaraan. Alat ini sangat penting, terutama pada saat keadaan mendesak, misalnya kendaraan harus berhenti tiba-tiba, untuk menghindari tabrakan di depan, atau karena alasan lain.

Dengan demikian, maka sangat jelas, fungsi alat ini sangat penting. Bisa dibayangkan, saat kendaraan melaju dengan kencang, dan tiba-tiba di depan ada kendaraan yang berhenti. Maka jalan satu-satunya adalah harus menghentikan laju kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan.

Pada motor trail terbaru, rem cakram lazim digunakan.. Disebut rem cakram karena alat ini dilengkapi dengan bagian yang disebut cakram. Cakram motor sendiri berbentuk piringan, dan dengan alat ini, rem akan menahan laju  roda kendaraan yang sedang berputar. Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas mengenai beragam hal yang bisa membuat rem cakram pada motor trail Anda menjadi macet, dan melalui artikel ini kami akan berikan solusinya jika Anda mengalami hal ini. simak ulasannya ya.

Rem macet yang disebabkan karena kotoran atau debu, cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. Kotoran biasanya menempel pada master rem motor, maka bagian tersebut yang harus dibersihkan. Cara membersihkannya adalah Buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Lepas kaliper tersebut. Semprot bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprot bisa dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci piring cair. Pasang kembali kaliper seperti semula. Pastikan kaliper terpasang pada posisi yang tepat

Sementara itu untuk mengatasi rem macet akibat karat, tentunya adalah dengan membersihkan karat tersebut. Penyebab timbulnya karat piringan rem dalam keadaan basah terus menerus tanpa pernah dibersihkan. Cara mengatasi rem seret karena karat adalah sebagai berikut. Buka kaliper pada piringan cakram. Setelah lepas, bersihkan karat hingga piringan bersih. Setelah karat hiang, olesi piringan cakram dengan menggunakan grease atau gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.

Untuk mengatasi rem seret karena kampas rem habis atau salah pemasangan, satu-satunya jalan adalah dengan membawa ke ahlinya yaitu bengkel. Kampas rem yang habis diganti dengan yang baru. Untuk pemasangannya sebaiknya dilakukan di bengkel.

Rem seret memang sangat mengganggu  dan juga membahayakan. Untuk itu, masalah rem seret atau cakram motor macet, sebaiknya segera dicarikan jalan keluarnya yaitu dengan mengunjungi bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan dan mengetahui lebih lanjut keadaan motor yang sebenarnya

comments

`