caption trialgame

Beragam Penyebab Hilangnya Kompresi Mesin Motor Trail

Wednesday, 24 April 2019

Pada artikel sebelumnya kita telah membahasa perbedan antara kompresi motor bocor maupun motor hilang kompresi. Nah melalui tulisan ini akan dijabarkan mengenai beragam faktor penyebabnya. Sebenarnya ada banyak faktor, namun kami akan mengulas beberapa saja yang kerap terjadi pada sebagian besar orang. Simak ulasannnya ya.

 

  • Suplai BBM Terlalu Irit

Motor kurang asupan BBM, jika suplai BBM terlalu sedikit, silinder blok (boring) akan cepat memuai karena terlalu panas serta ring piston tidak mampu menahan pemuaian tersebut dan hasilnya motor jadi Loss kompresi.

 

  •  Ukuran Setelan Klep Tidak Sesuai Standar

Setelan klep motor yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab terjadinya motor loss kompresi, setelan klep yang terlalu longgar jika dibiarkan lambat laun motor akan hilang kompresi dengan mendadak karena adanya benturan yang lebih keras antar klep dengan chamshaft (noken as). Dan sebaliknya jika setelan celah klep terlalu rapat maka akan mengakibatkan kebocoran kompresi karena klep selalu dalam keadaan tertekan tanpa adanya kondisi bebas. Untuk lebih akurat cara setel klep yang benar adalah dengan menggunakan puler.

 

  • Ring Piston Aus dan Rusak

Ring piston atau ring seher sudah lembek menjadi penyebab utama terjadinya loss kompresi, meskipun kondisi piston dan silinder blok masih bagus tanpa adanya goresan.

 

  • Klep In dan klep Out Bocor

Penyebab kompresi motor bocor adanya kebocoran klep hisap dan klep buang terjadi karena adanya kerak karbon yang menumpuk dari hasil sistem pembakaran, sehingga lubang klep tersebut tertutup oleh kerak karbon. Akibat dari penumpukan kerak karbon disekitar lubang klep tersebut maka payung klep tidak bisa menutup sempurna pada sitting klep tersebut

 

  • Piston dan Silinder Blok Rusak

Penyebab motor loss kompresi yang paling sering terjadi, yaitu motor tipe 4 langkah mengeluarkan asap putih dari knalpot, sudah dapat dipastikan jika silinder blok dan piston kit (piston, ring piston dan pen seker) yang rusak dapat menyebabkan loss kompresi dan suara mesin motor lebih kasar dari biasanya.

 

  • Drat Busi Motor Aus

Hilangnya kompresi pada motor bisa terjadi akibat drat/ulir busi mengalami keausan, secara tidak langsung busi juga mendapat daya tekan yang cukup kuat dari kompresi yang dihasilkan oleh cara kerja piston, jika drat busi yang aus maka kompresi motor akan lemah bahkan hilang karena tidak bisa menahan daya tekan kompresi. Dan penyebab aus-nya drat busi karena sering mencopot busi dalam keadaan kondisi mesin motor masih panas atau pernah memasang busi dengan paksa. Untuk solusi drat busi aus bisa dibawa ke tukang snei bor tap.

 

  • Ukuran Busi Tidak Sesuai Standart

Hal ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya kompresi motor bahkan lebih parah yaitu, loss kompresi. Setiap motor sudah dirancang khusus dengan panjang dan ukuran busi yang telah disesuaikan, meski motor tersebut masih satu merk, tapi untuk ukuran businya belum tentu sama. Jika busi yang dipasang terlalu panjang, secara otomatis busi akan mentok dengan seher motor dan mengakibatkan piston motor jadi bolong. Sudah pasti kompresi motor akan hilang, untuk tipe dan ukuran busi bisa masbro lihat ulasannya disini agar tidak salah dalam membeli dan bisa berakibat fatal.

 

Lantas apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba motor trail Anda mengalami kehilangan kompresi atau kebocoran kompresi? Tenang kami akan ulas pada artikel beriktunya ya.

comments

`