Bagi Anda pengguna motor trail harian, jika sehari-hari menggunakan motor trail dual purpose tentu tidak akan banyak mengalami kendala. Maklum saja motor jenis ini memang biasanya sudah street legal, jadi segala perlengkapannya sudah mumpuni untuk digunakan di jalan raya. Tapi akan berbeda kasusnya jika ternyata Anda menggunakan supermoto nih.
Supermoto adalah jenis sepeda motor yang dirancang untuk performa tinggi di berbagai medan, menggabungkan elemen motor trail dan motor sport, serta sering digunakan dalam balap supermoto yang melibatkan lintasan campuran aspal dan tanah.
Supermoto adalah jenis motor trail yang boleh digunakan sebagaimana layaknya motor harian pada umumnya. Supermoto boleh dilengkapi dengan perlengkapan standar seperti spion, headlights, bahkan STNK.
Namun, Anda harus mampu memasangkan perlengkapan tersebut dengan hati-hati agar perlengkapan tersebut dapat berfungsi dengan baik pada supermoto yang dimiliki. Pastikan jenis perlengkapan yang dipilih sudah sesuai dengan model dan jenis supermoto yang dimiliki serta sudah sesuai dengan standar peraturan lalu lintas.
Selain melakukan pertimbangan untuk menentukan perlengkapan yang tepat pada supermoto yang dimiliki, Anda juga harus mampu mempertimbangkan beberapa faktor untuk menggunakan supermoto sebagai kendaraan sehari-hari di jalan raya. Simak ulasannya ya.
Sebagaimana Anda ketahui, supermoto dirancang untuk digunakan di jalanan dan sirkuit balap yang beraspal. Hal ini terlihat dari permukaan ban supermoto yang dirancang untuk memberikan traksi maksimum pada kondisi jalan yang mulus. Oleh karena itu, pertimbangkan kondisi jalan yang akan dilalui mulai dari permukaan jalan, jarak tempuh, hingga tingkat kemacetan yang akan dilalui.
Oh iya posisi berkendara pada supermoto bersifat lebih rendah. Hal tersebut dapat mengurangi kenyamanan berkendara, terlebih ketika supermoto digunakan dalam perjalanan jarak jauh atau permukaan jalan yang tidak rata. Oleh karena itu, pertimbangkan posisi berkendara senyaman mungkin ketika menggunakan supermoto sehari-hari.
Pada umumnya, supermoto menggunakan ban radial dengan ukuran velg ring 17 untuk ban depan dan belakang. Sementara untuk bagian ban dalam, bagian depannya berukuran 110/60/17 dan bagian belakangnya berukuran 130/60/17. Permukaan bannya dirancang untuk memberikan traksi maksimum pada kondisi jalan yang mulus. Oleh karena itu, pertimbangkan kondisi ban dengan memilih ban yang sesuai untuk kondisi jalan tertentu yang akan dilalui.
Supermoto memiliki suspensi yang lebih keras untuk meningkatkan kestabilan dan manuverabilitas pada kecepatan tinggi di jalan raya. Meskipun demikian, hal ini dapat mengganggu keamanan dan keselamatan dalam berkendara serta berpotensi menyebabkan kecelakaan.
Sama halnya dengan mengendarai motor trail di medan off-road, pengendara harus mengenakan perlengkapan keselamatan seperti helm dan protector ketika mengendarai supermoto di jalan raya. Oleh karena itu, patuhi aturan lalu lintas dan gunakan perlengkapan keselamatan dengan kualitas dan ketahanan yang tinggi.
Sebagai catatan, Supermoto memiliki sparepart atau suku cadang yang sulit didapatkan sehingga harganya relatif mahal, terlebih lagi jika jenis sparepart tersebut tidak populer di wilayah Anda. Oleh karena itu, pertimbangkan ketersediaan suku cadang serta biaya perawatan sebelum menggunakan supermoto sehari-hari.
Meskipun supermoto boleh digunakan sebagaimana layaknya motor umum, supermoto memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan sehingga tidak bisa semata-mata langsung turun ke jalan menggunakan supermoto yang dimiliki. Pertimbangkan hal-hal di atas ya.
Image credit : tribunnews.com