Beragam Sebab Musabab Loss Kompresi Motor Trail

Beragam Sebab Musabab Loss Kompresi Motor Trail
Layaknya kendaaaran bermotor lainnya, motor trail Anda juga pasti memiliki resiko kerusakan. Nah salah satu kerusakan yang bisa terjadi adalah loss komperesi atau kehilangan tekanan pada mesin. Jadi maknanya adalah hilangnya sebuah tekanan sementara yang dihasilkan oleh kinerja piston motor diruang bakar pada sebuah mesin motor.
Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah motor, kehilangan kompresi pada mesinnya namun kami akan mengulasa beberapa hal yang kerap kali menjadi biang keladi loss kompersi pada kendaraan Anda. Nah yang pertama adalah suplai bahan bakar yang terlalu irit. Motor kurang asupan BBM, jika suplai BBM terlalu sedikit, silinder blok (boring) akan cepat memuai karena terlalu panas serta ring piston tidak mampu menahan pemuaian tersebut dan hasilnya motor jadi Loss kompresi.
Setelan klep motor yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab terjadinya motor loss kompresi, setelan klep yang terlalu longgar jika dibiarkan lambat laun motor akan hilang kompresi dengan mendadak karena adanya benturan yang lebih keras antar klep dengan chamshaft (noken as). Dan sebaliknya jika setelan celah klep terlalu rapat maka akan mengakibatkan kebocoran kompresi karena klep selalu dalam keadaan tertekan tanpa adanya kondisi bebas. Untuk lebih akurat cara setel klep yang benar adalah dengan menggunakan puler. Oh iya Ring piston atau ring seher sudah lembek juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya loss kompresi, meskipun kondisi piston dan silinder blok masih bagus tanpa adanya goresan.
Penyebab motor loss kompresi yang paling sering terjadi, yaitu motor tipe 4 langkah mengeluarkan asap putih dari knalpot, sudah dapat dipastikan jika silinder blok dan piston kit (piston, ring piston dan pen seker) yang rusak dapat menyebabkan loss kompresi dan suara mesin motor lebih kasar dari biasanya.
Hilangnya kompresi pada motor bisa terjadi akibat drat/ulir busi mengalami keausan, secara tidak langsung busi juga mendapat daya tekan yang cukup kuat dari kompresi yang dihasilkan oleh cara kerja piston, jika drat busi yang aus maka kompresi motor akan lemah bahkan hilang karena tidak bisa menahan daya tekan kompresi. Dan penyebab aus-nya drat busi karena sering mencopot busi dalam keadaan kondisi mesin motor masih panas atau pernah memasang busi dengan paksa. Untuk solusi drat busi aus bisa dibawa ke tukang snei bor tap.
Jangan lupa ya gunakan ukuran busi sesuai dengan anjuran pabrik, karena hal ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya kompresi motor. Setiap motor sudah dirancang khusus dengan panjang dan ukuran busi yang telah disesuaikan, meski motor tersebut masih satu merk, tapi untuk ukuran businya belum tentu sama. Jika busi yang dipasang terlalu panjang, secara otomatis busi akan mentok dengan seher motor dan mengakibatkan piston motor jadi bolong
comments
`