caption trialgame

Berburu Motor Trail Vintage Enduro

Monday, 11 March 2019

Kendati jenis motor trail terbaru semakin mudah didapatkan di Indonesia tapi tidak sedikit orang yang kemudian kembali melirik kembali motor-motor trail dengan gaya jadul alias vintage enduro. Tidak heran jika kemudian beberapa jenis motor trail jadul seperti  Suzuki TS125 atau Yamaha DT100 dalam kondisi mulus, semua part lengkap, dan surat-surat lengkap harganya bisa mendekati motor trail terbaru pabrikan Jepang lho.

Selain dua jenis motor trail jadul yang sudah disebutkan masih ada satu jenis motor vintage enduro yang seolah menjadi holy grail bagi penggemar motor trail di tanah air. Dia adalah Honda XR series, atau lebih spesifik XR200 dan XR250. Populasi motor trail jenis  terbilang langka karena Honda Indonesia tidak pernah mengimpor atau merakit motor trail jenis ini.  Nah salah satu jenis dari motor enduro vintage terlangka yang pernah hadir di Indonesia adalah Honda XR250R Baja. Seri Baja sendiri adalah sendiri special edition. Bayangkan seri umumnya saja susah didapat apalagi yang special editionnya.

Secara penampilan motor yang diproduksi pertama kali tahun 1989 ini sangat unik. Ciri khas utama terletak di headlight yang berjumlah dua buah berjajar berbentuk bulat.  Sekilas motor ini memiliki tongkrongan layaknya mata burung hantu yang besar dan bulat.

Oh iya tangki bahan bakarnya pun terbilang khas  karena memiliki bentuk yang menggembung khas motor enduro jadul dan joknya juga tebel bikin nyaman waktu diduduki. Penampilan itu dipadu dengan suspensi depan yang masih menganut model teleskopik, tapi suspensi belakang sudah pakai mono shock.  XR20R Baja ini dilengkapi dengan ban enduro full size ukuran 18-inci lengkap dengan pelek jari-jari bernuansa emas, serta rem cakram pada bagian belakangnnya.

Gimana dengan sektor mesin? Motor ini memiliki mesin 249 cc SOHC dan berpendingin udara dengan menggunakan  4-klep sekaligus yang memiliki twin port atau dua lubang knalpot. Gak  heran kalo kemudian motor ini memiliki tenaga 28 HP dengan torsi yang dihasilkan mencapai  24,5 Nm. Motor trail terbaru milik Honda saja tidak memiliki tenaga yang sedemikian besar.

Tidak heran memang jika penampilan yang eksotis serta dukungan performa yang fantastis membuat motor trail jadul ini menjadi salah satu primadona motor enduro vintage di Indonesia. Motor-motor jenis ini, kendati Anda memiliki bujet tapi belum tentu ada orang yang mau menjualnya. 

comments

`