caption trialgame

Beri Perhatian Lebih Pada Jas Hujan!

Wednesday, 16 February 2022

Beri Perhatian Lebih Pada Jas Hujan!


Bulan Februari biasanya hujan sering turun tidak terduga. Pagi hari bisa panas terik, namun siang dan sore bisa terjadi hujan deras, pun sebaliknya. Nah di musim hujan, jas hujan merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Apalagi jika Anda pengguna motor trail harian, tidak lucu bukan jika Anda harus basah kuyup saat sampai di tempat tujuan.

Tapi ingat ya , jas hujan pun harus dirawat dengan baik agar tetap mampu melindungi tubuh dari terpaan air hujan, dan tidak bocor sehingga menyebabkan pakaian kamu basah. Jujur saja, banyak yang mengeluhkan jas hujan yang bocor, robek atau lainnya saat akan digunakan, hingga akhirnya pakaian tetap menjadi basah. Nah agar awet dan tetap mampu melindungi tubuh, berikut merupakan tips sederhana merawat jas hujan ya.

Ada banyak merek jas hujan yang bisa Anda pilih, dari mulai yang biasa hingga merek terkenal dengan harga yang cukup mahal. Meskipun lebih mahal, memilih jas hujan dengan kualitas terbaik harus jadi prioritas karena sangat menentukan usia pakainya. Jas hujan berkualitas tinggi pun umumnya terbuat dari bahan pilihan yang elastis, ringan, tidak mudah robek dan memiliki resleting berkualitas tinggi.

Setelah digunakan, kebanyakan orang akan langsung melipat jas hujan, dan menyimpannya di bagasi sepeda motor. Padahal, cara perawatan ini kurang baik dan bisa menyebabkan jas hujan cepat rusak. Selain itu, jas hujan pun bisa ditumbuhi bakteri dan menyebabkan masalah kulit. Perawatan terbaik, setelah digunakan jas hujan sebaiknya digantung dulu hingga kering. Setelah kering, baru jas hujan bisa dilipat dan disimpan di tempat yang aman. Ini biasanya yang menjadi penyebab utama rusaknya jas hujan.

Oh iya menjemur jas hujan di bawah terik matahari memang lebih cepat membuat jas hujan kering. Tapi sayang, cara perawatan ini malah berisiko menyebabkan jas hujan cepat rusak. Paparan sinar matahari akan merusak elastisitas jas hujan, dan membuat serat bahannya rapuh dan mudah sobek. Solusinya sama seperti yang dijelaska di atas, jas hujan bisa digantung dulu di tempat kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung (diangin-anginkan), kemudian lipat setelah kering.

Dan yang terakhir adalah jas hujan sebaiknya jangan disimpan terlalu lama di dalam bagasi. Udara panas dalam bagasi malah akan membuat jas hujan cepat rusak dan mudah sobek. Jika tidak digunakan, jas hujan sebaiknya disimpan di dalam ruangan dengan suhu normal. Cara membawa jas hujan terbaik adalah, sebelum berangkat masukkan jas hujan ke dalam tas. Jas hujan bisa disimpan dalam bagasi saat motor sedang diparkir saja. Yuk rawat jas hujan, sayang juga uangnya jika tiap musim hujan harus membeli jas hujan baru.

comments

`