caption trialgame

Beri Perhatian Lebih Pada Motor Trail 2-Tak

Wednesday, 13 July 2022

Beri Perhatian Lebih Pada Motor Trail 2-Tak


Jika Anda pengguna motor trail 2-tak, pernahkah Anda melihat oli di lantai rumah saat diparkir? Tetesan oli bisa saja mengalir melalui standar samping atau bahkan ada yang menetes langsung lantaran terjadi kebocoran.Penyebabnya bisa karena banyak hal, salah satu yang paling sering adalah karena ada pemasangan komponen yang kurang pas seperti seal, seal kruk as, gear, persneling, engkol, ada juga dari paking mesin.

Namun, tak semua motor trail 2-tak mengalami permasalahan serupa. Kebocoran atau rembesan oli bisa juga berasal dari knalpot.  Jika hal ini terjadi biasanya dari paking knalpot bagian leher pada sambungan yang membuat bocor.  Rembesan oli dari leher knalpot, lantaran pemasangan paking yang tidak pas.

Pada motor trail 2-tak, permasalahannya sering mengganti knalpot dengan yang tidak orisinal. Ini lazim dilakukan pemilik yang ingin mendapatkan performa mesin lebih tanpa melakukan pembongkaran mesin. Nah biasnaya saat pemasangan knalpot after market,pemasangannya tidak pas, miring dan dudukannya memang tidak sesuai dengan knalpot bawaan pabrik. Tapi jika motor trail Anda memang keluaran tahun lawas, bisa jadi baut-bautnya sudah dalam kondisi tidak prima alias kendor dan rapat, sehingga bisa membuatnya menjadi rembes.

Baiknya, Anda kenali konstruksi motor trail 2-Tak yang digunakan untuk menelaah sumber kebocoran. Volume oli yang berlebihan juga membuat bocor. Motor trail 2-tak yang menggunakan oli samping seharusnya lebih mendapat perhatian. Pasalnya, oli samping memang ikut ke ruang bakar. Oli samping yang terlalu banyak suplainya, ikut naik ke ruang bakar. Nah, kalau ada yang tidak terbakar, oli keluar lagi lewat exhaust (knalpot).

Terkait pelumas, khususnya oli samping, memang jadi momok bagi motor trail 2-Tak. Kadar campurannya harus sesuai takaran. Jika sudah mau habis atau indikator pada motor sudah menyala, baiknya pengendara sudah siap untuk kembali mengisi oli samping. Nah jadi beri perhatian lebih pada motor trail 2-tak Anda ya.

comments

`