TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Beri Perhatian Lebih Pada Shockbreaker Motor Trail

Teknis Kendaraan 07.10.2025

Pernah gak Anda merasakan saat menggunakan motor trail, terutama para pengguna motor trail harian nih, Anda bisa merasakan setiap lubang dan tonjolan di jalan seakan-akan langsung menerjang tulang punggung akibat kerusakan dari shockbreaker motor.  Getaran yang tidak karuan, suara berisik yang mengganggu, dan sensasi oleng yang menakutkan adalah alarm alami bahwa ada yang tidak beres dengan tunggangan Anda.

Shockbreaker merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang bekerja tanpa henti. Ia bertugas menahan beban, meredam guncangan, dan memastikan ban tetap menapak sempurna di aspal untuk traksi yang optimal.

Nah gak ada salahnya nih jika kita memahami ciri-ciri kerusakan pada shockbreaker motor trail Anda. Yang pertama harus diperhatikan adalah adanya kebocoran oli pada shockbreaker.  Ini adalah tanda yang paling kasat mata dan paling mudah untuk diidentifikasi. Oli yang berada di dalam shockbreaker berfungsi sebagai medium peredam utama.

Dalam kondisi normal, oli ini tersegel rapat oleh suatu komponen yang disebut seal atau oli seal.  Namun, seiring waktu dan akibat beban kerja yang berat, terpapar panas terus-menerus, dan terkena debu atau air, seal ini bisa mengeras, retak, atau aus. Ketika seal ini rusak, pertahanan menjadi lemah dan oli akan merembes keluar.

Begitu melihat tanda kebocoran, bahkan jika masih berupa noda kecil, segeralah periksakan ke bengkel terpercaya. Kebocoran kecil pada tahap awal biasanya dapat diatasi dengan mengganti seal dan mengisi ulang oli shockbreaker.

Pernah merasa motor Anda seperti “kehilangan pijakan” atau bergoyang tidak wajar, terutama saat menikung, melewati jalan yang tidak rata, atau bahkan saat berkendara lurus di kecepatan tertentu?

Ini adalah indikasi yang sangat berbahaya dan tidak boleh diabaikan.  Shockbreaker  motor yang sudah lemah, bending (melengkung), atau rusak secara internal tidak lagi mampu menahan beban dan menjaga stabilitas rangka motor dengan baik.  Jangan menunda-nunda untuk memeriksakan kondisi ini. Stabilitas adalah kunci keselamatan berkendara. Penggantian shockbreaker dan komponen yang rusak lainnya adalah solusi mutlak untuk mengembalikan stabilitas dan kepercayaan diri Anda dalam berkendara.

Shockbreaker motor yang sehat seharusnya bekerja dengan relatif senyap, hanya mengeluarkan suara desisan halus yang menandakan oli sedang bekerja dengan baik di dalamnya. Jika Anda mulai mendengar suara-suara tidak wajar seperti hentakan logam keras "tek" atau "tok", decitan "crit-crit", atau dentingan setiap kali melewati polisi tidur, jalan berlubang, atau bahkan saat motor dibebani, itu pertanda jelas ada masalah.

Suara hentakan keras biasanya berasal dari bush atau mounting shockbreaker yang sudah aus dan longgar, menyebabkan adanya celah yang memungkinkan komponen logam berbenturan. Sementara itu, suara decitan yang menusuk biasanya berasal dari kurangnya pelumasan pada batang shockbreaker (piston rod) atau karena seal yang sudah kering dan keras sehingga bergesekan langsung dengan logam.

Coba identifikasi sumber suara secara spesifik. Decitan bisa saja dikurangi untuk sementara dengan pemberian grease atau pelumas silicone-based pada batang shockbreaker. Tetapi ini hanyalah solusi sementara dan tidak menyelesaikan masalah utama yang mungkin pada seal-nya.

Anda adalah orang yang paling mengenal bagaimana karakter suspensi motor Anda sendiri. Perhatikan baik-baik perubahan pada suspensinya.  Jika tiba-tiba suspensi terasa jauh lebih keras dari biasanya sehingga setiap guncangan kecil terasa langsung dan menyakitkan, seolah-olah motor tidak memiliki peredam sama sekali, ini menandakan bahwa oli di dalam shockbreaker mungkin sudah habis atau ada udara yang terjebak dalam sistem.

Sebaliknya, jika suspensi terasa sangat lembek, mudah sekali tekor hingga hampir menyentuh bodi motor bahkan dengan beban ringan, dan terasa seperti "ambles", ini menandakan bahwa pegas (spring) sudah mengalami fatigue (kelelahan logam) atau kemampuan peredaman hidraulisnya sudah sangat berkurang.

Untuk shockbreaker dengan fitur preload yang bisa diatur (adjustable), pastikan setelan Anda tidak terlalu keras atau terlalu lembut sesuai dengan beban yang Anda bawa. Jika setelan sudah tepat tetapi kondisinya tidak berubah, besar kemungkinan terjadi kerusakan internal yang serius. Shockbreaker yang sudah tidak bisa lagi menyesuaikan dengan beban dan kondisi jalan telah kehilangan fungsinya dan harus diganti untuk mengembalikan kenyamanan dan safety.

Fungsi utama shockbreaker motor adalah menyerap getaran dari permukaan jalan sebelum getaran itu sampai ke tubuh pengendara. Jika Anda mulai merasakan getaran yang lebih kasar, berlebihan, dan mengganggu yang langsung terasa pada stang, jok, dan footpeg, berarti komponen tersebut gagal melakukan tugasnya.

Getaran ini membuat tangan dan kaki lebih cepat pegal, mempercepat kelelahan pengendara dalam perjalanan jarak jauh, dan juga mempercepat keausan pada komponen lain di motor seperti lampu, spion, dan bahkan baut-baut bodywork karena vibrasi yang terus-menerus.

Lakukan pemeriksaan kondisi shockbreaker depan (fork) dan belakang secara bersamaan. Seringkali, getaran yang berlebihan adalah akumulasi dari kondisi keduanya yang sudah tidak prima.  Fork depan yang kering oli atau sealnya sudah bocor juga akan berkontribusi besar pada getaran. Servis menyeluruh atau penggantian pada kedua bagian ini akan secara signifikan mengembalikan kenyamanan berkendara Anda dan melindungi komponen motor lainnya dari kerusakan dini.

Pengecekan rutin dan servis berkala adalah kunci untuk memastikan bahwa sistem suspensi motor Anda selalu dalam kondisi puncak. Ketika saatnya tiba untuk mengganti komponen yang vital ini, penting untuk memilih produk yang tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga benar-benar kompatibel dengan model motor Anda.

Image credit : gearjunkie.com

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Tips Pepanjang Usia Aki Motor..

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Pahami Dulu Nih Sebelum Mutusin..

Okeee sudah tahu belum bonus akhir tahun untuk belanja apa ? Penggemar motor trail pasti udah punya rencana nih buat...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Bedah Fitur ABS Pada Motor..

Belum lama ini, pabrikan motor asal Jepang, Suzuki, meluncurkan produk motor trail terbaru mereka yaitu Suzuki DR150 FI ABS 2026....