Biar Awet Lakukan Ini Pada Motor Trail 4-Tak
Sudah menjadi hal yang lazim jika motor trail yang berseliweran di jalan raya mau pun medan offroad adalah motor trail 4-tak. Motor trail jenis ini memang dalam beberapa tahun terakhir boleh dibilang lebih populer ketimbang motor trail 2-tak. Maklum saja di Indonesia, saat ini pasar motor trail massal memang sedang diserbu oleh motor trail 4-tak.
Konon salah satu hal yang membuat motor trail 4-tak semakin populer adalah mudahnya perawatan. Jika dibandingkan dengan motor trail 2-tak yang perawatannya sedikit membutuhkan effort, motor trail 4-tak ini terhitung tidak memerlukan effort lebih dalam perawatannya.
Ada beberapa komponen yang patut Anda perhatikan dalam melakukan perawatan pada motor trail 4-tak. Jika tidak rutin dirawat, maka karburator adalah hal yang akan rusak pertama kali pada motor trail Anda. Sisa kotoran akibat air yang menguap dan berpadu dengan gas lainnya, bisa mengakibatka tersebutnya karburator motor. Pastikan Anda selalu mengecek bagian ini.
Kabel pada motor anda adalah hal krusial untuk mengendalikan motor. Bersihkan dan beri pelumas pada kabel gas, kopling dan rem depan setiap habis anda gunakan. Lepas dengan hati-hati kabel tersebut, dan oleskan pelumas. Hal ini dilakukan bukan saja untuk melindungi kabel dari resiko putus namun juga dari debu dan kotoran. Setelah itu pasang kembali kabel-kabel tersebut dan pastikan anda sudah mengencangkannya.
Langkah selanjutnya adalah rantai dan gir. Pastikan kesemuanya dalam kondisi terlubrikasi pelumas dengan sempurna. Rantai dan gir yang kering akan mengurangi umur pemakaian nya. Jangan lupa untuk mengatur tingkat rantai motor anda. Jika terlalu longgar atau terlalu ketat, resiko rantai itu putus amat besar. Selipkan dua buah jari antara rantai dan chasis motor untuk mendapatkan tegangan rantai yang ideal.
Filter udara yang kotor bisa membuat mesin motor anda rusak. Pastikan untuk selalu membersihkan bagian ini. Dengan segala debu yang berada di bagian ini, membersihkannya menjadi sebuah tantangan tersendiri. Gunakan cairan pembersih jika perlu, jangan lupa untuk mengeringkannya dulu sebelum merendamnya dengan minyak fiter udara serta memasangnya kembali. Bagian luar knalpot motor anda perlu dilakukan perawatan. Bersihkan bagian luar knalpot untuk mencegah terjadi karat dan pengeroposan.
Lakukan pengecekan rutin pada jari jari pada roda motor anda. Hal ini penting untuk mengecek apakah ada jari-jari yang perlu dikencangkan. Jika perlu, lakukan pengencangan pada setiap jari-jari roda motor Anda sehabis melakukan kegiatan. Proses ini memang sedikit sulit dan memerlukan kesabaran karena posisi dan letak yang sempit.