Biar Gak Bingung Penjelasan Motor Trail Specil Engine
Motor trail identik dengan sepeda motor yang mempunyai desain gagah, maskulin, dan gesit ketika dipakai. Umumnya motor trail mempunyai body yang ramping dengan berbagai sisi yang tajam. Biasanya motor yang didesain agar lebih fleksibel ketika melewati berbagai permukaan jalan ini mempunyai jarak body motor dan tanah cukup tinggi.
Dikenal sebagai sepeda motor yang dapat diandalkan di berbagai medan, motor trail mampu melewati jalur yang tidak rata dan esktrem seperti berlumpur, berbatu, bahkan terjal. Selain mempunyai suspensi yang mampu menahan getaran secara ekstrem, motor trail juga dirancang dengan mesin yang memiliki daya dan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor biasa.
Nah pasti sering atau minimalnya pernah mendengar istilah motor trail special engine dong. Kalau belum kami jelaskan sedikit ya. Motor trail special engine adalah motor yang dirancang dengan spesifikasi mesin yang spesial dan tinggi yang dikhususkan untuk balap seperti motocross dan supercross. Mesin special engine mempunyai kekuatan yang lebih powerful daripada mesin pada motor harian. Karena secara khusus dirancang untuk keperluan kompetisi, motor ini tidak dilengkapi dengan standar kendaraan biasa sehingga tidak dapat digunakan di jalanan umum.
Suspensi pada motor special engine mempunyai karakter suspensi yang lebih keras daripada suspensi pada motor trail lainnya yang lebih empuk atau lentur. Hal ini disesuaikan dengan tujuan dirancangnya motor tersebut. Apabila pada motor special engine suspensinya dirancang untuk melompat dan mendarat dengan keras sekali, suspensi pada motor trail lainnya tidak dibuat untuk itu.
Ban depan motor special engine mempunyai ukuran yang sama dengan ban depan motor trail lain, yaitu 21 inci. Meskipun mempunyai ukuran ban depan yang sama, ukuran ban belakang motor special engine dan motor trail lain . Apabila ban belakang motor special engine berukuran 19 inci, ban belakang motor lain berukuran 18 inci.
Motor special engine tidak dilengkapi dengan lampu karena hanya digunakan untuk kompetisi saja yang pada dasarnya tidak membutuhkan lampu. Motor ini juga biasanya tidak dilengkapi dengan odometer dan petunjuk bensin ya. Kemudian, apabila motor special engine tidak dilengkapi dengan standar samping (jagrak), berbeda dengan motor trail lain yang memiliki standar samping.
Untuk kepasitas mesin biasanya memiliki kubikasi mulai dari 125 cc – 450 cc. Perawatannya pun khusus, seperti pistonnya yang harus diganti secara berkala. Masa pakainya ditentukan waktu, bukan jarak. Piston atau seher motor trail special engine harus diganti setiap pemakaian 50 jam. Motor trail Special engine tidak boleh terlalu lama langsam karena rawan overheat. Agak sedikit repot ya, tapi worthed kok.
Image credit : barebonesmotorcyles.com