caption trialgame

Biar Paham Ini Fungsi Gearbox di Motor Trail

Wednesday, 6 March 2024

Biar Paham, Ini Fungsi Gearbox di Motor Trail


Kecepatan yang dihasilkan oleh motor trail Anda bukan hanya berasal dari gas, tetapi juga berkat peranan gearbox. Fungsi gearbox sangat penting untuk mengatur cepat lambatnya laju kendaraan. Dalam sebuah gearbox ada beragam komponen yang akan mendukung kinerjanya supaya motor bisa melaju sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Bayangkan saja jika tidak ada komponen gearbox dalam motor, bagaimana Anda bisa mengatur laju kendaraan?

Gearbox sendiri merupakan sebuah komponen yang dibutuhkan dalam bidang industri atau permesinan. Jadi secara umum penggunaannya tidak terbatas pada motor saja. Komponen ini memiliki fungsi utama untuk memindahkan tenaga penggerak pada mesin yang ingin digerakkan. Dua alasan utama mengapa gearbox penting adalah karena berfungsi untuk memperlambat kecepatan putaran dari tenaga dinamo motor atau mesin diesel.

Alasan kedua adalah untuk memperkuat tenaga putaran yang diperoleh dari diesel atau dinamo. Jadi jika sebuah mesin tidak memiliki gearbox, maka tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel atau dinamo motor elektrik tidak bisa dikendalikan.

Gearbox yang digunakan pada motor juga disebut sebagai transmisi manual. Adanya komponen ini akan menciptakan sistem pemindah tenaga dari daya mesin ke bagian mesin lainnya. Selain itu juga bisa menyesuaikan torsi dari motor yang berputar.

Seperti apa penjelasan fungsi gearbox yang detail?  Fungsi yang utama adalah untuk memindahkan tenaga atau daya yang sudah dihasilkan mesin pada mesin lain sehingga akan muncul pergerakan atau pergeseran. Dengan begitu sepeda motor yang Anda gunakan bisa bergerak maju.

Perpindahan tenaga dari mesin dilakukan dari ruang mesin ke bagian roda yang tersambung melalui komponen rantai. Sedangkan pada motor matik tenaga akan disalurkan melalui vanbelt sehingga kedua roda motor akan berputar. Pada saat Anda melakukan pengoperan gear, maka gearbox akan bekerja mempercepat atau menurunkan laju kendaraan. Jadi fungsi gearbox di sini sangatlah vital dan tidak bisa dianggap remeh.

Mengulas bagaimana Anda menambahkan gigi atau menurunkan gigi motor, maka gearbox akan menyesuaikan daya yang sudah dihasilkan oleh mesin. Oleh karena itulah setiap motor memiliki beberapa gigi yang memiliki tingkat kecepatan berbeda.  Anda bisa menyesuaikan kecepatan dengan mengoper gear dengan menurunkan gas dan mengoper. Maka kecepatan akan berubah sesuai dengan tingkatan gigi yang dimasukkan

Selain kedua fungsi utama di atas, ada beberapa fungsi lainnya dari komponen gearbox yang dipasang. Pertama adalah berfungsi untuk mengubah daya motor menjadi tenaga yang lebih besar. Jadi tenaga mesin yang dihasilkan akan berubah menjadi besar sehingga akselerasi kendaraan lebih tinggi. Kedua adalah untuk mengatur kecepatan dari gerak dan torsi sekaligus proses berbalik putaran.

Ketiga adalah untuk menyediakan rasio gigi di sepeda motor yang memiliki beban sesuai dayanya. Keempat adalah untuk mengubah momen pulir untuk diteruskan ke spindel mesin pada motor manual.  Fungsi yang kelima adalah untuk menghasilkan putaran motor jadi lebih stabil tanpa ada terjadinya selip. Anda pun akan lebih aman mengendarai dengan adanya komponen ini. Sudah semakin paham kan dengan beragam komponen motor trail Anda?

comments

`