caption trialgame

Bikin Awet Kopling Dengan Memanaskan Mesin

Tuesday, 15 September 2020

Bikin Awet Kopling Dengan Memanaskan Mesin


Anda pasti sudah mengetahui betapa pentingnya memanaskan mesin motor trail Anda. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat pagi hari atau ketika suhu kendaraan dalam keadaan dingin. Fungsi dari memanaskan motor sendiri adalah untuk menjaga supaya motor tetap dalam kondisi prima. Karena dengan dipanasin, oli dari motor tersebut akan kembali melumasi mesin setelah lama tidak dipakai

Tapi tahukah Anda ternyata, selain membuat mesin jadi awet, ternyata memanaskan motor juga bisa membuat kopling menjadi lebih terawat. Gak percaya? simak penjelasannya ya. Akibat pemakaian dan gaya berkendara, kampas kopling bisa aus dan bikin tenaga motor tidak tersalur dengan baik.Salah satu cara yang dianggap bikin kampas kopling lebih awet adalah dengan memainkan tuas kopling ketika memanaskan mesin motor.

Banyak yang menganggap bahwa hal ini adalah mitos namun ternyata saat tuas kopling ditarik dan dilepas, oli mesin bisa melumasi kampas lebih maksimal. Hanya berputar ketika mesin dalam keadaan hidup, rumah kopling baru akan membuka dan menutup ketika tuas kopling dimainkan. Karena bisa lebih terlumasi ketika tuas kopling dimainkan saat mesin dipanaskan, efeknya kampas kopling bisa lebih awet dan minim slip ketika motor dipakai.

Dalam kondisi standar, beberapa motor sendiri punya gejala kampas kopling cepat aus akibat kurang terlumasi. Bahkan dalam beberapa kasus, ada motor yang harus di bor untuk membuat lubang tambahan pada rumah koplingnya agar sirkulasi oli makin lancar.

Oh iya agar kampas kopling tidak cepat aus, hindari juga kebiasaan gantung atau menekan setengah kopling saat motor berjalan. Dan yang paling penting , ganti oli mesin secara rutin karena oli mesin yang kotor dapat memperpendek masa pakai kampas kopling juga.

Jangan terlalu lama ya saat memanaskan motor, 5 menit rasanya sudah lebih dari cukup untuk memanaskan mesin, karena jika terlalu lama maka bisa berakibat mesin mengalami overheat. Dan jika ini terjadi bakal muncul masalah baru lho.

comments

`