caption trialgame

bisa bikin kempos, waspada knalpot kropos!

Wednesday, 26 October 2022

Tips Jauhkan Karat Dan Keropos Pada Knalpot


Memiliki motor trail bukan hanya urusan mengendarainya saja, Anda harus meluangkan waktu untuk rela melakukan beragam perawatan agar motor trail Anda tetap tampil prima dan komponen di dalamnya terjaga keawetannya. Salah satu komponen yang biasanya luput dari perhatian adalah knalpot. Padahal knalpot rawan akan berkarat dan keropos, bisa karena usia pemakaian atau minimnya perawatan. Maka merawat knalpot bisa menjadi cara pencegahan agar tidak keropos dan berkarat.

Knalpot merupakan salah satu komponen penting yang sering dilupakan, yang mana padahal knalpot merupakan komponen vital pada setiap kendaraan bermotor. Fungsi knalpot adalah untuk memproses hasil pembakaran antara oksigen dan juga bahan bakar, yang terjadi dalam tempat pembakaran  dan juga sebagai penyuplai tenaga tambahan.

Merawat knalpot dengan benar nantinya akan meningkatkan kondisi prima sebuah kendaraan. Selain itu perawatan knalpot tidak memerlukan biaya perawatan khusus yang membuat kantong terkuras, merawat knalpot bisa dengan cara-cara berikut ini yang cukup sederhana namun dapat membuat knalpot tetap awet.

Hal apa saja sih yang bisa dilakukan agar knalpot tetap awet dan terjaga? Yang pertama adalah memanaskan motor secukupnya.  Memanaskan motor bisa membuat motor tersebut terjaga dan dalam kondisi yang optimal. Tetapi jangan memanaskan motor terlalu lama karena akan mempengaruhi knalpot. Bagian yang terkena dampak dari proses memanaskan motor yang terlalu lama adalah leher knalpot. Bagian yang bersentuhan langsung dengan mesin ini, akan cepat menjadi kekuningan.

Setelah itu pastikan Anda selalu membersihkan knalpot setelah terkan hujan ya, karena air hujan yang menempel biasanya akan membuat kerak pada knalpot. Penyebab utamanya adalah kandungan asam pada air hujan dan polusi udara.

Tapi bukan hanya bagian luar saja yang perlu dibersihkan, lubang knalpot pun perlu dibersihkan rutin lho. Cara membersihkan lubang silincer pada knalpot hanya dengan menggunakan oli secukupnya, cara ini bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali. Dengan membersihkan lubang silincer knalpot akan membuat knalpot lebih awet dan bisa mencegah terjadinya kebocoran di bagian silencer.

Jika knalpot sudah berkarat maka harus segera dibersihkan, Buanglah karat yang menempel pada knalpot dengan cara membersihkannya menggunakan sabun dan sikat agar lebih mudah. Hal ini akan membuat knalpot lebih terlihat bersih tanpa adanya noda ataupun karat. Tapi jika merasa susah untuk membersihkannya, gunakanlah sikat kawat yang lebih ampuh.Setelah karat dibersihkan, oleskanlah oli pada knalpot.

 

comments

`