caption trialgame

Brand Lokal Mampu Bersaing di Pasar Motor Trail Lho

Wednesday, 8 May 2019

Pasar motor trail di tanah air memang sedang menggeliat. Setelah para produsen otomotif besar mulai beramai-ramai meluncurkan produk motor trail mereka di tanah air, brand-brand lokal pun akhirnya terpicu untuk mengikuti gairah pasar yang bergejolak positif ini.

Nah salah brand lokal asal kota Semarang, Diablo, belum lama ini meluncurkan produk terbaru mereka yang berbasis mesin 2-tak 105cc, dengan mana Diablo 105x. Sebelumnya mereka juga meluncurkan Diablo 200x yang menggunakan mesin 4-tak dan konon performa serta fiturnya mirip dengan Honda CRF230F.

Secara desain, penampilan Diablo 105x terlihat ramping dan mungil karena menggunakan ban mid size, ring 16 inch di bagian belakang dan ring 19 inch di bagian depan. Rangkanya sendiri menggunakan model central tube ala motor trail KTM sehingga terlihat ringkas namun keren.

Suspensi depan upside down, dan suspensi belakang mono shock tanpa linkage. Jadi suspensi belakang ini langsung bertemu dengan swing arm, hampir serupa dengan teknologi PDS yang digunakan motor trail KTM. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan rem cakram 240mm pada bagian depan dan belakangnya.

Swing arm Diablo 105x pun sudah terbuat dari bahan aluminium yang ringan. Tidak heran kalau bobot total motor ini sangat enteng, hanya 85 kg belum termasuk oli dan bahan bakar. Sayangnya kapasitas tangki bahan bakar Diablo 105x terbilang kecil, hanya 4 liter saja. Agak repot juga kalo mau dibawa trabas untuk waktu yang lama.

Pada sektor mesin, Diablo 105x terbilang istimewa lho. Mesin mungil 105 cc satu silinder 2-takdiklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 30 HP pada 12.000 rpm. Tenaga yang besar untuk ukuran mesin sekecil itu. Meskipun tidak bisa dipungkiri tenaga maksimalnya baru keluar di putaran mesin yang sangat tinggi. Jika dilihat dari karakter mesinnya, rasanya Diablo 105x lebih cocok dipakai di sirkuit balapan daripada di lintasan off-road ya.

Mesin Diablo 105x dibekali dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dan motor ini sudah menggunakan sistem kopling hidrolis alias nggak pakai kabel kopling lagi. Tapi nilai minusnya adalah motor ini hanya dibekali dengan kick starter tanpa ada electric starter. Nah ada satu alternatif pilihan lagi kan buat Anda yang sedang mencari motor trail.

comments

`