caption trialgame

buat helm, jangan dimodif aneh-aneh, Bro!

Tuesday, 1 November 2022

Jangan Lakukan Modifikasi Pada Helm


Helm memiliki fungsi yang sangat vital saat berkendara menggunakan motor trail. Perangkat ini melindungi kepala dari benturan langsung dan melindungi wajah. Helm wajib memiliki kualitas dan ketahanan yang terbaik. Desainnya pun sudah dirancang sedimikan rupa oleh ahlinya agar memberikan kemanan maksimal bagi penggunanya.

Tapi ternyata banyak lho yang melakukan modifikasi pada tali pengikat helm. Banyak helm yang menggunakan tali helm dengan model quick rilis kemudian di modifikasi menjadi model double d ring karena ingin terlihat lebih keren. Padahal, banyak dari pengendara motor yang kurang memahami proses uji dan desain helm model ini. Kebanyakan dari para pengendara memodifikasi tali hanya karena bosan, padahal modifikasi di helm tersebut sangat tidak diperbolehkan.

Tentunya bukan tanpa alasan tali tidak diperbolehkan untuk di modifikasi, pasalnya jika diganti, penggunanya dipastikan belum paham mengenai kualitas juga bahan yang dipakai untuk membuat tali helm tersebut. Risiko putus bisa terjadi pada talinya atau rivetnya. Hal seperti itu biasanya sudah diperhitungkan dengan detail oleh pabrikan helm.

Risikonya tak cuman sampai disitu saja, ada risiko lain yang dihadap pengendara. Saat terjadi kecelakaan pengguna harus menanggung akibatnya sendiri dari keputusannya, kegagalan ini tak bisa dilimpahkan kepada produsen pembuat helm karena modifikasi dilakukan bukan atau tidak atas rekomendasi pabrikan.

Modifikasi yang satu ini memang sangat mudah dilakukan, apalagi harga yang ditawarkan penjual tak bikin kantong jebol. Tetapi harus di ingat bahwa tali helm punya fungsi yang krusial untuk keamaan dan disarankan tidak diganti sembarang. Jadi amat tidak disarankan ya untuk melakukan perubahan pada bagian tali helm Anda.

 

comments

`