caption trialgame

Bukan Cuma Berani Aja Buat Ajak Motor Trail Loncat

Wednesday, 7 June 2023

Bukan Cuma Berani Aja Buat Ajak Motor Trail Loncat


Yang sering trabasan pasti pernah ngalamin nih, ada gundukan tanah atau lintasan yang lebih tinggi kemudian di hajar dengan kecepatan tinggi, sehingga motor trail bisa melompat dan melayang. Hal ini konon adalah salah satu hal yang membuat motor trail menjadi menyenangkan untuk dikendarai. Tapi tahukah Anda sebenarnya bahwa melakukan hal ini bukanlah hal yang mudah lho, diperlukan bukan hanya keberanian untuk menarik gas saja tapi ada hal-hal lain juga yang harus diperhatikan.

Hingga saat ini memang tidak ada patokan baku cara untuk melalukan lompatan dengan motor trail, namun layaknya beragam trik dalam dunia olahraga, sedikit kisi-kisi dan tips bisa membuat Anda lebih mudah untuk mempelajarinya.

Hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah membiasakan diri untuk menarik pegangan gas. Anda bisa melatih ini pada jalur lintasan yang menanjak. Hal ini bisa menjadi perkenalan sebelum melakukan lompatan karena untuk melakukan hal itu Anda perlu membangun momentum kecepatan. 

Setelah membiasakan diri dengan gas motor, Anda bisa langsung melatih loncatan Anda.  Jangan langsung melakukannya di undakan besar. Cari undakan yang kecil, mulai pacu motor Anda secara berkala dan lakukan terus secara berulang sampai anda merasakan dua roda motor Anda tidak menyentuh tanah. Untuk melakukan hal ini anda tentu ingin berada di lingkungan yang nyaman. Jangan lakukan ini saat anda sedang berlomba atau saat lintasan sedang dipenuhi pebalap lainnya. Jika perlu Anda harus menyewa sebuah tempat yang bisa Anda gunakan sendiri.

Faktor terpenting untuk bisa melakukan lompatan dengan motor Anda adalah posisi tubuh.  Posisi tubuh amat penting dalam proses sebelum lompat, saat melompat dan saat mendarat. Memposisikan tubuh Anda tidak terlalu sulit, namun mempertahankan posisi tersebut adalah hal yang berbeda.  Ada lima posisi krusial yang harus Anda ingat yaitu berdiri, jangan duduk. Karena posisi duduk bisa membuat anda terpental saat melakukan pendaratan. Kemudian gunakan lutut Anda untuk menjepit bodi motor. Tekuk lutut Anda dan posisikan siku tangan Anda condok ke arah luar.  Atur posisi kepala dan bahu anda diatas handle bar dan tepat diantara fork motor. Jika posisi badan terlalu condong ke depan, kemungkinan besar proses mendarat Anda akan salah  dan jika terlalu condong ke belakang ada kemungkinan Anda terpental karena guncangan roda belakang saat mendarat.

Hal diatas adalah posisi penting yang harus Anda ketahui. Jangan tarik motor anda ke atas saat akan melompat. Biarkan momen itu terjadi dengan sendirinya, yang perlu ada perhatikan adalah mempertahankan posisi Anda. Mempertahankan posisi bisa Anda latih dengan melompati undakan-undakan kecil, sehingga otot dan reaksi Anda sudah terbiasa saat nanti akan melibas undakan besar.

Setelah melakukan latihan rutin secara berkala, saatnya anda melompat melalui undakan besar.  Hal yang harus anda ingat adalah jangan pikirkan seberapa tinggi dan jauh Anda melompat. Ingat latihan tentang pengaturan gas, posisi tubuh dan posisi mendarat. Lakukan hal ini secara berulang.  Jika sudah terbiasa melahap undakan besar, Anda bisa mulai mengatur naik kecepatan Anda untuk mendapatkan tinggi lompatan yang anda inginkan. Ingat , latihan secara rutin akan membuat Anda terbiasa dan jangan lupa selalu gunakan peralatan keselamatan sebelum adan mencoba trik ini.

 

comments

`