caption trialgame

Busi yang Tepat bisa Tingkatkan Performa Mesin

Tuesday, 10 March 2020

 

Busi adalah muara terakhir dari sistem pengapian. Komponen ini sangat vital perannya dalam menciptakan pembakaran yang sempurna di ruang bakar. Meski suhu pengapian sudah tepat dan koilnya bagus, namun jika kinerja businya tidak optimal maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin pun tidak akan maksimal.

Bahkan para mekanik berpendapat bahwa, peran komponen pemercik api di ruang bakar ini mampu memperbaiki tenaga mesin hingga 20%.Efeknya, dapat meningkatkan akselerasi motor dan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Nah lantas bagaiman cara melihat apakah busi masih bagus atau sudah turun performanya ? Anda bisa melihat dari percikan api yang dihasilkannya. Percikan yang bagus berwarna biru. Itu pertanda loncatan apinya kuat. Selain itu, percikannya juga tidak boleh berpijar. Makin fokus loncatan apinya, maka akan makin baik kemampuannya membakar campuran gas.

Sayang, untuk mendapat loncatan api seperti ini, tidak mudah didapat bila masih pakai busi standar. Nah untuk biasanya digunakan busi dengan material yang lebih baik dalam hal menghantar listrik. Busi-busi standar bawaan motor umumnya terbuat dari bahan nikel. Sementara yang materialnya memiliki kemampuan menghantar listriknya lebih baik yaitu antara lain platinum dan iridium.

Bahkan ada beberapa jenis busi yang menggunakan bahan campuran emas atau perak. Namun kedua bahan itu kemampuan menghantar listriknya dianggap masih tak sebagus platinum dan iridium. Oh iya, material-material itu umumnya dipakai pada bagian center electrode busi. Karena bagian inilah yang menghantar loncatan api.

Nah, busi jenis platinum dan iridium untuk motor di pasaran sudah lumayan banyak. Kendati harga jualnya sedikit lebih mahal tapi tidak akan membuat Anda bokek kok. Harga jualnya rata-rata masih di bawah 50 ribu rupiah.

Jika Anda menggunakan motor trail untuk kegiatan sehari-hari, rasanya menggunakan jenis busi platinum sudah cukup tapi jika ingin pembakaran yang lebih baik, busi jenis iridium boleh dicoba. Biasanya harga jual busi ini hampir menyentuh angka 100 ribu rupiah.

Oh iya jenis busi iradium juga biasanya bermacam-maca ya, mulai dari yang bisa, hingga yang premium. Tentu saja semakin mahal busi akan berbanding lurus dengan kualitas pengapian yang dihasilkan. Dan jika Anda menggunakan motor trail untuk sebuah lomba rasanya menggunakan busi iridium premium akan amat sangat membantu.

 

comments

`