caption trialgame

Cara Ampuh Bikin Awet Tampilan Jok Motor!

Tuesday, 9 March 2021

Cara Ampuh Bikin Awet Tampilan Jok Motor!

 
Memiliki jok motor yang tetap cantik, bersih dan mengkilap dalam waktu yang lama tentu saja menjadi impian bagi setiap pengguna kendaraan bermotor. Tapi terkadang lupa untuk memperhatikan dan merawat jok motor sehingga lama kelamaan warna jok motor memudar dan tak jarang juga menjadi berlubang di beberapa bagian.

Jok motor yang berperan sebagai penunjang kenyamanan saat berkendara ini terbagi menjadi beberapa jenis bahan pembuatannya seperti dari kulit sintetis, kulit asli atau calp spon. Semua bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang tentu saja akan tetap rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Lalu apa saja sih yang bisa dilakukan agar jok motor tetap awet dan terlihat baru? Yang pertama adalah jangan membiarkan jok motor terpapar panas matahari dalam waktu yang lama.  Tempat yang panas dan terpapar sinar matahari langsung dapat berakibat buruk pada motor bukan hanya pada jok motornya saja tapi juga pada cat motornya yang semakin lama akan menjadi lebih cepat pudar dan warnanya berubah menjadi lebih kusam. Jika memang sangat terpaksa harus parkir di tempat yang panas dalam waktu yang lama Anda bisa mengakalinya dengan menutupi motor menggunakan cover.

Jangan lupa untuk membersihkan noda yang terkadang menempel pada jok.  Terkadang walaupun sudah mencoba untuk sebisa mungkin tidak membiarkan jok motor kotor, tetapi ada saja saat dimana jok motor kotor bahkan terdapat noda yang membandel yang sangat susah dibersihkan seperti lem, getah, bekas stiker, dan lainnya. Untuk masalah noda membandel ini ada solusi mudah dan murah untuk dilakukan. Siapkan kain bersih yang bertekstur lembut dan masih kering, juga sediakan minyak tanah. Cara membersihkan noda membandel tersebut adalah dengan menuangkan sedikit saja minyak kayu putih pada kain kering, lalu gosokkan pada noda membandel di jok motor. Setelah itu gunakan lap kering untuk menghilangkan bekas minyak kayu putih tadi.

Nah lantas, apakah jok motor harus rutin dicuci? Jok hanya perlu dilap saja dengan kain halus supaya tetap bersih. Sebab jok motor biasanya berbahan calp spon atau kulit sintesis. Bahan tersebut cukup rentan bila terkena air dan bahan kimia seperti sabun. Sehingga, mencuci jok motor akan mempercepat usia penggunaannya.

Jok yang sering dicuci atau terkena bahan kimia untuk pembersih akan lebih cepat rusak. Pada permukaan jok akan muncul kerutan atau retakan. Busa jok juga bisa menjadi lebih keras, karena ada air yang masuk ke dalam busa jok. Oh iya hindari penggunaan cairan pelicin agar jok terlihat mengilap. Sebab, kebiasaan tersebut dapat membuat pengendara lebih sering selip yang disebabkan permukaan jok terlalu licin.  Akibatnya, kontrol pada sepeda motor menjadi berkurang. Baiknya jok itu menjaga tubuh pengendara agar terjaga (tidak selip) sehingga nyaman.

comments

`