caption trialgame

Cara Ampuh Pulihkan Busi Rewel!

Thursday, 12 August 2021

Cara Ampuh  Pulihkan Busi Rewel!


Busi merupakan sebuah komponen yang sangat penting sekali dalam menggerakan listrik di Motor trail. maupun mobil. Apa gunanya motor jika busi yang di gunakan mati, dengan busi yang mati di motor pastinya akan membuat motor tersebut tidak bisa di gunakan.

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan busi di motor menjadi mati atau rusak. Salah satunya karena sering terkena air, busi yang sering terkena air ini lah yang membuatnya menjadi rusak. Selain itu umur busi yang sudah cukup lama juga biasanya menjadi salah satu alasan kenapa busi itu mati. Meskipun ada alasan lain, seperti kelistrikan pada motor yang bermasalah namun dua hal tersebut merupakan hal yang paling sering terjadi.

Lalu apa sih yang bisa dilakukan jika Anda sedang trabasan dan mengalami kerusakan pada busi serta sialnya tidak bawa busi cadangan. Ada beberapa hal sih yang bisa Anda lakukan agar busi bisa kembali berfungsi, tapi dengan catatan busi tersebut tidak rusak parah ya. simak Ulasannyaya.

Yang pertama adalah menggosok bagian atas busi dengan amplas. Umur busi yang sudah lama tentunya akan membuat busi motor tersebut terlihat kotor. Kotornya busi oleh kotoran dan proses pembakaran ini lah yang membuat sobat harus cekatan untuk melakukan pembersihan. Salah satunya melakukan pembersihan bagian atas yang bisa menggunakan amplas. Gunakan amplas untuk menggosok bagian atas busi yang kotor. Lakukan hal tersebut secara satu arah sehingga bagian atas busi terlihat bersih dan menggilap. Setelah dirasa cukup bersih maka langkah selanjutnya adalah tinggal memasang busi tersebut.

Ada banyak sekali alasan kenapa busi menjadi mati. Kemungkinan besar juga karena busi memiliki poisi yang bergeser dengan colokan busi yang di sebabkan oleh tekanan suatu benda. Maka dari itu jika Anda mengalami busi mati bisa langsung memeriksa posisi busi.

Langkah selanjutnya yang juga cukup efektif adalah melakukan pembersihan. Dimana kali ini Anda bisa melakukan pemberisan pada busi secara menyeluruh. Besihkan dengan kain yang bersih dan tidak basah. Selain itu bersihkan juga posisi tempat busi, barang kali ada benda yang menghalangi seperti kotoran.

Anda juga bisa melakukan pembakaran pada bagian elektroda. Bersihkan busi kemudian bakar bagian elektroda menggunakan api kecil. Setelah kiranya cukup Anda bisa lengasung mencobanya, namun ingat jangan masukan busi pada kondisi terlalu panas setelah dibakar di motor. Tunggu sampai kiranya tidak terlalu panas saat akan di uji coba lagi.

Memecahkan kaca pemantik bisa menjadi salah satu cara wajib yang harus di coba jika ke empat cara diatas memang dirasa sudah gagal. Anda  bisa memecahkan kaca keramik dengan menggunakan tang, obeng atau bahkan batu sekalipun. Lalu masukan ke mesin lagi, namun pastikan tidak ada pecahan kaca atau keramik yang masuk ke bagian mesin. Sebelum memasang busi pastikan juga nih bahwa busi memang sudah dalam kondisi bersih. Hal ini akan sangat berbahaya jika kondisi busi kotor karena pacahan keramik yang tidak bersih. Maka dari itu setelah memecahkan kaca keramik pastikan lagi kondisi busi sudah benar-benar bersih agar tidak mendapatkan masalah baru karena busi kotor.

Jika Anda pengguna motor trail tua, biasanya akan banyak mendapatkan masalah pada bagian busi motornya. Maka dari itu kami sarankan untuk selalu menyediakan busi cadangan yang tersimpan di motor trail Anda ya.

 

comments

`