caption trialgame

Cara Atasi Kerasnya Persneling Motor Trail

Friday, 6 March 2020

 

Pada artikel sebelumnya Kami telah membahas beragam penyebab mengapa persneling motor trail bisa keras saat terjadi perpindahan gigi. Nah melalui artikel ini Kami akan membahas cara mengatasinya, jadi buat Anda yang sering mengalaminya, simak ulasannnya.

Cara mengatasi gigi persneling motor keras bisa dilakukan dengan menggunakan oli berkualitas atau sesuai dengan standar pabrik. Sebab, oli memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang kinerja komponen mesin, tak terkecuali pada persneling gigi. Pasalnya, oli yang memiliki kualitas di bawah standar atau mengental maka akan membuat gigi persneling susah dioper sehingga akan membuat gigi persneling pada mesin pun terpaksa bekerja lebih ekstra. Jadi pastikan oli motor trail Anda sesuai dengan standar rekomendasi pabrik ya.

Pengecekan kampas kopling khusus motor berkopling pun menjadi salah satu cara untuk mengatasi gigi persneling motor yang keras. Bukan tanpa alasan mengingat jika kampas koplingnya sudah aus atau habis maka akan membuat tenaga motor menjadi lemah. Bahkan, jika tak segera diganti maka akan berakibat fatal pada gigi persneling yang menjadi keras.

Maka dari itu, pengecekan dan penggantian kampas kopling merupakan hal mutlak sebagai salah satu cara untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.Selain itu, cara mengatasi gigi persneling motor keras bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada tali kopling.

Perhatikan kekencangan tali kopling, jika dirasa sudah mengendur maka harus diatur kembali agar menjadi lebih ketat. Untuk memperlancar tali kopling agar perpindahan gigi persneling terasa enteng maka bisa dilakukan dengan mencuci tali kopling dengan menggunakan minyak dan sedikit ditambah oli pada tali kopling.

Memanaskan mesin sebelum digunakan pun juga sangat dianjurkan agar gigi persneling tidak terasa keras. Sebab, ketika proses pemanasan mesin maka secara tak langsung oli akan melumasi mesin motor, termasuk gigi persneling sehingga ketika dikendarai maka perpindahan giginya pun akan terasa lebih lembut dan enteng. Anda bisa melakukan pemanasan mesin ini di waktu pagi hari secara rutin sebelum dikendarai. Dengan begitu, meski terlihat sepele namun memanaskan mesin motor sebelum digunakan merupakan langkah efektif sebagai cara mengatasi gigi persneling motor keras.

Jika melihat beberapa cara mengatasi gigi persneling motor keras yang disebutkan di atas, tampaknya memang dirasa cukup mudah dan tak terlalu rumit. Bahkan Anda bisa menerapkan beberapa tahapan tersebut secara mandiri, seperti rutin memanaskan mesin sebelum digunakan dan rutin service agar performa mesin motor Anda mampu bertahan lama.

comments

`