caption trialgame

Cara Bersihkan Lumpur di Dua Area Vital Motor Trail!

Thursday, 17 February 2022

Cara Bersihkan Lumpur di  Dua Area Vital Motor Trail!

 
Ritual apa yang paling malas dilakukan para penggila motor trail selepas trabasan? Jawaban mayoritasnnya pasti adalah mencuci motor. Seharian berpetualang di medan offroad, apalagi jika musim hujan tiba, sudah pasti bakal membuat motor tral Anda blepotan lumpur dan kotoran lainnnya. Untuk yang rajin tentu lebih memilih membersihkan motor trail mereka sendiri namun tidak sedikit juga yang membawanya langsung ke tenaga profesional alias tukang cuci motor.

Lumpur bisa jadi rintangan yang menyenangkan di medan offroad, namun selesai trabasan, lumpur seolah menjadi hal yang menyebalkan. Kotoran ini bisa menempel dengan santai dan kuat, kendati Anda sudah menyemprotnya dengan pompa air bertekanan tinggi.  Biasanya ada dua tempat yang menjadi favorit lumpur menempel dan sulit untuk dibersihkan. Yang pertama adalah rantai motor dan yang kedua adalah spakbor motor trail, baik depan maupun belakang.

Lantas, bagaimana cara membersihkannya? Sebenarnya membersihkan rantai motor trail sama dengan motor-motor lainnya. Hanya saja butuh tenaga ekstra untuk menyingkirkan tanah basah yang melekat di sekitar rantai. Kalau udah selesai dipakai trabasan, rantai dan gir harus segera dibersihkan pakai air bersih. Pastikan tanah yang menempel benar-benar hilang, bersih, dan tak ada sisa.

Untuk memastikan seluruh bagian rantai bersih, pemilik motor trail bisa menggunakan sikat gigi. Namun, perlu diperhatikan, proses penyikatan harus dilakukan dengan lembut dan penuh kehati-hatian. Kalau sudah, tunggu sampai agak kering. Lalu kasih chain cleaner, dan ditutup pakai chain lube.

Sementara itu bagian dalam spakbor motor trail, baik depan maupun belakang biasanya masih terdapat tanah atau bekas lumpur yang mengering. Pemandangan ini memang sering terlihat dan tidak nyaman dipandang mata. Biasanya tindakan pertama yang akan dilakukan adalah kembali mengambil sikat dan sabun untuk membersihkannya.

Namun Anda segera menyadari jika usaha tersebut sia-sia, kotoran yang menempel biasanya bukan kotoran baru, sehingga membersihkannya memerlukan effort tenaga yang luar biasa, dengan hasil yang tidak optimal. Ada sebuah trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat bersih kembali bagian dalam spakbor motor trail Anda. yang Anda perlukan hanya sedikit bensin dan sikat gigi, serta kain lap saja lho.

Yang pertama tentu adalah mengidentifkasi lokasi tempat kotoran menempel pada bagian spakbor motor trail. Biasanya ada semacam noda coklat yang kering dan menempel pada bagian itu. Setelah itu tuang bensin ke dalam sebuah wadah kecil, kemudian celupkan sikat gigi ke dalam wadah tadi.

Sikat dengan perlahan pada bagian yang Anda anggap kotor. Lakukan proses ini dengan perlahan ya, dari arah kiri ke kanan agar kotoran rontok. Lakukan proses penyikatan secara merata. Setelah dirasa bersih, segera lap area yang tadi dibersihkan dengan kain lap. Kami jamin bagian dalam spakbor motor trail Anda akan kembali bersih. yuk silahakn dicoba.

comments

`