caption trialgame

Cara Bersihkan Rem Tromol Motor Trail

Thursday, 9 July 2020

Cara Bersihkan Rem Tromol Motor Trail


Walapun sudah banyak yang meninggalkan sistem pengereman drum brake atau rem tromol, bukan berarti jenis ini sudah tidak ada yang menggunakan. Masih banyak penggila motor trail di Indonesia yang menggunakan sistem pengereman rem tromol. Maklum saja, sistem pengereman ini terhitung masih mumpuni dan tidak kalah pake dengan rem cakram lho.

Tapi tentu saja dengan catatan bahwa kondisi dinding tromol dan kampasnya yang masih prima. Karena kebanyakan komponennya tertutup, perlu rajin cek kondisi dan kebersihan bagian dalam tromol. Perawatan rem jenis tromol ini memang agak merepotkan dibanding cakram karena Anda harus membongkar roda terlebih dahulu.

Tapi jangan khawatir , buat Anda yang belum pernan membongkar rem tromol, kami akan berikan panduannya, sehingga bisa melakukanya dengan mudah di rumah saja. Yang pertama kali harus dilakukan adalah buka as roda dan segala baut yang terhubung pada tutup tromol. Kemudian lepas tutup tromol yang berfungsi sebagai dudukan kampas tromol dengan hati-hati. Hati-hati saat melepas baut roda, karena biasanya kondisinya agak keras, oleh karena itu butuh kunci pas yang masih bagus agar sat melepas baut tidak slek.

Setelah roda terbuka, biasanya bakal kelihatan debu pekat yang menempel. Anda tinggal membersihkan dengan menggunakan kuas dengan air sabun. Biasanya jika dilakukan di bengkel-bengkel pada umumnya cuma menyemprot bagian ini dengan angin kompresor.

Biar rem lebih pakem, bisa lakukan trik yang satu ini. Sikat permukaan kampas rem (brake shoe) dengan sikat kawat. Tujuannya agar permukaannya lebih kasar yang mana ini dipercaya bikin rem lebih pakem.Kalau sudah beres, pasang lagi semua bagian tromol. Hati-hati saat pemasangan, harus benar-benar presisi dan jangan sampai miring. Lalu kencangkan dan setel tuas rem tromol sesuai dengan feeling saat mengerem. Nah gimana? Sudah berani membongkar sendiri rem tromol motor trail Anda? jika belum jangan khawatir, tinggal bawa saja ke bengkel langganan Anda.

comments

`