Cara Bikin Sangar Motor Trail Standar
Yang punya motor trail baru keluaran pabrik pasti ngerasa bisa bahwa performa tunggangan mereka masih bisa ditingkatkan untuk mendapatkan potensi penuhnya. Nah ada beberapa perubahan nih yang bisa Anda lakukan jika motor trail ingin tampil garang, apalagi jika digunakan di medan offroad. Apa saja sih perubahannya ? simak penjelasannya ya.
Jika kebetulan motor trail Anda menggunakan karburator maka mengganti karburator bawaan pabrik dengan after market menjadi hal yang wajib. Karburator berfungsi sebagai tempat bercampurnya udara dan bahan bakar pada mesin motor. Karburator bawaan pabrik kurang bertenaga karena lubang diameter dari karburator yang terlalu kecil, sedangkan untuk naik kompresi, naik cc dan ganti klep besar, ruang bakar butuh asupan pembakaran yang lebih banyak dan karbu bawaan pabrik tak mampu melakukannya. Nah mengganti karburator bawaan pabrik dengan karburator after market sudah bisa menaikkan performa motor kita.
Sementara itu untuk motor trail yang sudah menggunakan sistem injeksi, mengganti ECU (Engine Control Unit) standa dengan ECU racing atau ECU after market yang dapat disetel sepenuhnya menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan performa mesin injeksi. ECU racing memungkinkan Anda meningkatkan tenaga dan performa mesin tanpa harus mengganti suku cadang mesin. Peningkatan performa ini dapat dicapai dengan memaksimalkan aliran bahan bakar dan pemetaan waktu pengapian melalui ECU racing yang dapat disetel sepenuhnya. Dengan mengubah setting ECU racing atau remapping ECU maka dijamin kondisi mesin akan mengalami peningkatan dibanding standar power mesin yang dihasilkan dari ECU bawaan yang kurang maksimal.
Berbeda dengan knalpot standar yang memiliki muffler untuk meredam suara knalpot, juga bisa mengurangi emisi pembuangan gas. Sedangkan knalpot racing didesain untuk memaksimalkan gas buang, knalpot racing biasanya digunakan untuk acara kompetisi balap motor, dari kejuaraan lokal hingga internasional. Karena menggunakan knalpot racing bisa meningkatkan kinerja RPM mesin motor menjadi lebih tinggi. Namun penggunaan knalpot racing biasanya harus mengikuti spesifikasi motor yang dimodifikasi, bukan motor standar.
Oh iya Anda juga bisa mengganti per kopling motor dengan tipe racing ya. Per kopling racing ini awalnya ditujukan untuk acara balap dengan tujuan meningkatkan akselerasi mesin. Dibandingkan dengan per kopling bawaan motor yang memang standar dari pabrik, mengganti per kopling racing bisa membuat perubahan langsung pada karakteristik mesin. Keuntungan lain menggunakan per kopling racing adalah tetap konsistennya tenaga mesin motor saat digeber juga saat suhu mesin dalam keadaan tinggi. Dengan mengganti per kopling racing juga bisa meminimalkan terjadinya selip kopling, sehingga tenaga yang dihasilkan bisa lebih maksimal.
Dan yang terakhir Anda bisa memasang gas spontan pada motor trail Anda. Gas spontan motor adalah komponen racing yang biasanya diaplikasikan buat motor-motor balap. Disebut gas spontan karena bisa mempersingkat putaran grip gas pada motor, dibandingkan dengan gas bawaan dari pabrik yang putaran gripnya standar. Walaupun fungsi gas spontan cuma untuk mempersingkat mencapai putaran mesin tinggi.