caption trialgame

Cara Hidupkan Darurat Motor Trail Tanpa Kickstarter!

Tuesday, 29 December 2020

Cara Hidupkan Darurat Motor Trail Tanpa Kickstarter!


 Motor-motor sport terbaru biasanya sudah tidak dibekali dengan kick starter. Jenis ini biasanya menggunakan  starter electric untuk menyalakan mesin. Motor trail pun tidak luput dari hal ini, salah satu motor trail yang tidak memiliki kickstarter adalah Kawasaki KLX230. Penggunaan starter electric dianggap lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan kickstarter.

Namun penggunaan starter electric juga memiliki kelemahan, yaitu menghabiskan cukup banyak daya pada aki motor, sehingga berpotensi menyebabkan aki cepat tekor.  Nah jika kemudian aki tekor maka untuk menghidupkan mesin motor akan menjadi sulit karena tidak ada selahannya. Selain itu, ketika hendak menghidupkan motor dengan cara di dorong dan kemudian memasukan gigi, hasilnya pun akan sia-sia karena motor tetap tidak mau menyala.

Lalu apa yang bisa dilakukan jika hal ini terjadi ? ternyata untuk menyalakan dengan cara mendorong ada beberapa hal yang harus jika motor ingin kembali menyala. Dalam tuas kopling ada sebuah kabel yang berfungsi untuk menahan nyala mesin ketika posisi gigi tengah masuk, memang mengesalkan namun kabel tersebut memiliki fungsi yang mulia yakni mencegah insiden ketika Anda lupa tidak menetralkan transmisi dan kemudian kita menyalakan kendaraan bermotor.

Nah agak prosesnya bisa sukses Anda hanya perlu mencopot kabel tersebut namun jangan digunting ya.. Ikuti saja alur dari kabel tersebut, nantinya akan ada soket yang menyambungkan kabel, buka saja soketnya nanti kabel akan terlepas dan sensor kopling kan otomatis tidak berfungsi.

Saat melakukan proses dorong jangan dilakukan secara ekstrim ya. Cukup masukan gigi motor kemudian tekan  kopling dan majukan motor Anda. Anda bisa meminta teman untuk mendorong atau menggunakan jalanan yang agak menurun untuk menambah daya dorong.  Setelah motor mulai melaju, lepas koplingnya dan biarkan menyala. Gak sulit bukan?

comments

`