caption trialgame

Cara Ideal Pilih Kaos Kaki Motor Trail

Thursday, 1 October 2020

Cara Ideal Pilih Kaos Kaki Motor Trail


Menggunakan perlengkapan yang tepat saat mengendarai motor trail adalah hal yang tidak bisa diremehkan. Mulai dari helm, sarung tangan, pelindung dada dan lutut, serta pernak pernik lainnya. Tapi biasanya ada satu hal yang biasanya diremehkan oleh para pengendara motor trail yaitu kaos kaki.

Agak jarang memang melihat orang yang mengendarai motor trail tanpa menggunakan kaos kaki, tapi tidak sedikit yang hanya asal menggunakan kaos kaki saja tanpa mengetahui kaos kaki yang ideal untuk bermotor trail, terutama saat melakuakn trabas atau touring.

Kesalahan dalam pemilihan kaos kaki bisa membuat terjadinya cedera pada kaki Anda, apalagi jika Anda baru pertama kali mengendarai motor trail secara offroad. Saat melakukan trabas, penting untuk memilih kaus kaki yang dapat menahan guncangan. Jadi, Anda akan tetap merasa nyaman saat melahap medan yang sulit. Berbeda dengan kaus kaki biasa, kaus kaki motor trail memiliki ketebalan yang pas untuk mencegah gesekan dalam sepatu. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari lecet dan kulit melepuh. Kaus kaki ini juga mampu meredam guncangan dan mengurangi rasa lelah pada kaki.

Sebagai tambahan, kaus kaki motor trail biasanya dibuat dari bahan yang breathable dan menyerap keringat. Hal ini bertujuan agar nyaman digunakan saat cuaca panas. Bahan tersebut juga sangat efektif mencegah kaki kedinginan saat cuaca dingin. Tentu sangat tidak enak bila rasa sakit dan lelah di kaki muncul pada saat memacu motor trail, bukan?

Untuk itu, pilihlah kaus kaki yang pas agar pendakian bisa terasa nyaman hingga akhir. Nah yang pertama kali harus dilakukan adalah memiliih kaos kaki yang sesuai dengan bentuk kaki dan sepatu atau boots yang Anda gunakan. Hindari memilih kaos kaki yang ukurannya lebih besar. Penting untuk memilih ukuran kaus kaki yang pas dengan ukuran kaki Anda.

Sebagian orang memilih ukuran yang sedikit longgar dengan alasan tidak ingin kaki mereka terasa terikat kencang. Padahal, kaus kaki akan melar saat dipakai. Jadi, bila Anda memilih kaus kaki berukuran lebih besar, kaus kaki tersebut tentu akan bertambah melar. Bagian tumitnya bisa bergeser dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Kenakanlah kaus kaki tebal dengan persentase bahan wol yang tinggi jika berpetualang di cuaca dingin. Di antara bahan wol, bahan yang paling direkomendasikan untuk cuaca dingin adalah merino wool. Merino wool sangat baik dalam menahan panas sehingga bisa mencegah timbulnya masalah pada kaki akibat kedinginan.

Nah sementara jika berpetualang dalam cuaca panas,pilih bahan dengan isolasi termal tinggi. Kaus kaki berbahan 100% katun biasa sulit kering ketika terlanjur basah. Hal ini bisa mengakibatkan kaki Anda kedinginan bila kaus kaki basah karena hujan atau keringat. Jadi, bahan ini tidak direkomendasikan ya.

Mungkin memang tidak diperlukan kaus kaki setebal untuk cuaca dingin. Asalkan tidak terlalu tebal, kaus kaki dengan bahan isolasi termal tinggi sangat tepat untuk cuaca panas sekalipun. Anda bisa memilih bahan wol yang tipis atau bahan breath thermo dengan fungsi kontrol suhu. Selain itu, Anda dapat memilih bahan merino wool untuk memberikan efek isolasi termal meskipun tidak terlalu tebal.

comments

`